Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bambang Soesatyo Dukung Pemasangan Cip pada Pelat Nomor Kendaraan

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menyambut positif rencana Korlantas Polri untuk memasang cip pada pelat nomor kendaraan dan mengubah warna dasarnya menjadi putih.

Sebab langkah yang sejalan dengan payung hukum Peraturan Kepolisian Negara Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi (regident) Kendaraan Bermotor ini bisa maksimalkan penerapan tilang elektronik.

Demikian dikatakannya usai menerima konjungan Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi di Ruang Kerja Ketua MPR RI, Jakarta, Selasa (8/2/2022).

"Kakorlantas juga menyampaikan akan memasifkan pemasangan ETLE atau tilang elektronik di berbagai wilayah, sekaligus memasifkan bahwa pembayaran tilang secara digital melalui transfer bank," kata Bamsoet.

Dengan melakukan pembayaran tilang lewat bank, dapat menghilangkan kesulitan masyarakat yang ingin membayar denda. Karena tidak perlu lagi menghadapi proses di kejaksaan ataupun pengadilan.

"IMI mendukung penuh rencana tersebut. Selain bisa menegakan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, juga untuk mengurangi potensi terjadi moral hazard terhadap oknum polisi yang mencari keuntungan di balik pelanggaran disiplin berlalu lintas di lapangan," kata dia.

Berdasarkan data Korlantas, hingga Januari 2022 setidaknya sudah ada 12.004 ETLE di 253 titik pada 12 Polda. Jumlah tersebut masih akan terus ditambah guna memaksimalkan penegakkan atau penertiban lalu lintas.

"Dari hasil penerapan tilang elektronik sepanjang tahun 2021 tersebut, Polri telah menerima pembayaran sebesar Rp 42,82 miliar yang kemudian disetorkan kepada negara sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)," ujar Bamsoet.

Namun terkait rencana pemasangan cip pada pelat nomor kendaraan, ia masih belum mengungkapkan lebih jauh.

Sebelumnya, Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri Brigjen Yusri Yunus, mengatakan, pemasangan cip pada pelat nomor saat ini masih dalam tahap wacana.

Tetapi untuk perubahan warna dasar pada pelat nomor kendaraan, dalam waktu dekat bakal diimplementasikan secara bertahap. Yaitu, untuk yang sudah habis masa berlaku lima tahunan dan kendaraan baru.

"Semua data pemilik mobil akan ada semua. Mulai dari data kecelakaan, hingga data pelanggaran," tambahnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/09/071200015/bambang-soesatyo-dukung-pemasangan-cip-pada-pelat-nomor-kendaraan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke