Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Kesalahan Pengemudi Pemula Saat Pakai Mobil Transmisi Manual

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian orang masih memilih mobil dengan transmisi manual sebagai kendaraan harian. Alasan yang paling umum yakni mobil manual dibanderol lebih terjangkau, mumpuni untuk melintasi berbagai kondisi jalan, dan asumsi biaya perawatan yang lebih murah.

Namun, masih umum ditemui pengemudi mobil manual yang melakukan sejumlah kebiasaan buruk. Terlebih para pemula yang belum terbiasa menyetir mobil tersebut.

Tidak hanya berisiko memperpendek usia pakai komponen mobil, beberapa kebiasaan bahkan bisa saja menyebabkan kecelakaan yang merugikan diri sendiri dan pengguna jalan lain.

Training Director Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, kesalahan paling umum dan sering dilakukan pengemudi mobil transmisi manual adalah cara menginjak pedal kopling.

"Kaki selalu standby di pedal kopling. Meski hanya menempel, tapi ini bisa menyebabkan kopling cepat aus. Lagipula, itu berpotensi menyebabkan kecelakaan," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ia menyarankan, kaki kiri perlu diistirahatkan dari pedal kopling saat mobil sedang berjalan dan tidak akan mengoper gigi perseneling. Lantas ketika berhenti di lampu merah atau jalan macet, lebih baik posisikan tuas transmisi ke 'Netral' agar kaki kiri bisa rileks.

Kesalahan kedua yang umum dilakukan pengemudi pemula saat menyetir mobil manual adalah langsung menginjak pedal gas saat akan menjalankan mobil. Hal ini berbahaya karena berisiko memuat mobil terhentak maju secara mendadak.

"Cukup lepas perlahan kopling saja, khususnya di jalanan rata. Kemudian tambahkan gas sedikit," kata Marcell.

Kesalahan berikutnya yakni penggunaan gigi transmisi yang tidak disesuaikan dengan kecepatan atau putaran mesin mobil. Salah satu hal yang dikorbankan ketika melakukan hal tersebut adalah konsumsi bahan bakar yang tidak efisien.

Terakhir, yakni memarkirkan mobil dengan kondisi perseneling tidak netral. Sejumlah pengemudi lebih mengandalkan gigi perseneling untuk menahan posisi mobil saat parkir alih-alih menarik rem tangan.

Padahal sikap tersebut berisiko menimbulkan bahaya, terlebih jika pemilik mobil memiliki sifat pelupa atau mobil tersebut akan dikemudikan orang lain.

Jika lupa mengecek posisi perseneling dan tidak memindahkannya ke posisi 'Netral', mobil akan meloncat saat pertama kali distarter. Kecelakaan bisa saja terjadi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/05/150200815/ini-kesalahan-pengemudi-pemula-saat-pakai-mobil-transmisi-manual

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke