Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bocoran Insentif PPnBM 2022, Selektif untuk Mobil Rp 250 Juta ke Bawah

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepastian insentif Pajak Penjualan Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM-DTP) di sektor otomotif untuk periode 2022 hanya tinggal tunggu waktu.

Pasalnya, payung hukum alias kebijakan terkait program pemerintah yang bertujuan mengakselerasi sektor otomotif tersebut, sedang berada dalam proses pengundangan sebelum pada akhirnya diumumkan.

Dikatakan Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Taufiek Bawazier, nantinya pemberian insentif terkait akan lebih selektif dibandingkan tahun lalu.

"Sekarang kita selektif untuk memberikan insentif PPnBM-DTP, yaitu pada kendaraan yang berada di kelas (harga) Rp 250 juta ke bawah. Karena, itu mewakili 60 persen dari populasi industri otomotif," katanya di Jakarta, Kamis (3/2/2022).

Sehingga diharapkan, insentif pada instrumen perpajakan tersebut dapat tepat sasaran. Lagipula berdasarkan keadaan saat ini, mobil dalam kelas dimaksud bukan lagi barang mewah.

Sebab, kata Taufiek, mobil berharga di bawah Rp 250 juta sudah banyak populasinya sehingga menjadi suatu barang utama yang membantu atas aktivitas masyarakat.

"Kalau barang mewah itu biasanya populasinya sedikit, dimiliki oleh orang tertentu saja seperti mobil-mobil mewah. Ini juga yang kita usulkan untuk program 'mobil rakyat', di mana pada mobil yang sudah masuk golongan itu tidak lagi dikenakan PPnBM," ujar Taufiek.

"Sama seperti televisi, kulkas, sepeda, sampai elektronik pada zamannya. Dahulu dikenakan PPnBM, sekarang sudah tidak," tambah dia.

Tapi lebih jauh mengenai bocoran insentif PPnBM tahun ini, ia masih enggan mengungkapnya. Termasuk mengenai syarat local purchase pada kendaraan terkait, kapasitas mesin, dan waktu mulai berlakunya.

Sebelumnya, berdasarkan pernyataan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, insentif PPnBM tahun ini diberikan dengan skema susut tiap kuartal khususnya untuk segmen Low Cost Green Car (LCGC).

Tahun ini, pemerintah menetapkan diskon PPnBM 100 persen hanya akan diberikan kepada mobil LCGC. Diskon akan dikurangi secara bertahap hingga dicabut pada kuartal IV/2022.

Rinciannya, diskon 100 persen tetap diberikan pada kuartal I/2022. Lalu di kuartal II susut menjadi 2 persen saja (konsumen terkena PPnBM 1 persen).

Kemudian di kuartal III, diskon PPnBM kembali dikurangi hanya sebesar 1 persen. Dengan kata lain, pembeli perlu membayar PPnBM sebesar 2 persen sisanya. Kemudian, diskon berhenti di kuartal IV/2022.

Tak hanya itu, pemerintah juga memberikan diskon PPnBM untuk otomotif dengan rentang harta antara Rp 200 juta - Rp 250 juta.

Biasanya untuk tipe tersebut, pemerintah mengenakan diskon PPnBM sebesar 15 persen. Diskon ini pun hanya berlaku di kuartal I-2022.

Sementara untuk syarat local purchase, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan saat ini jajarannya tengah melakukan pembahasan. Tapi besar kemungkinan di atas 80 persen.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/04/082200615/bocoran-insentif-ppnbm-2022-selektif-untuk-mobil-rp-250-juta-ke-bawah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke