Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

ITDC Sebut Nilai Investasi Sirkuit Mandalika, Lebih dari 1 Triliun

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, dibangun pada 2017 dan dibuka pada 2021. Dana yang dibutuhkan tentunya tidak sedikit.

Butuh biaya yang sangat besar untuk membangun sirkuit berstandar internasional. Apalagi, sirkuit ini juga lolos homologasi dan bisa digunakan untuk roda dua maupun roda empat.

Abdulbar M. Mansoer, Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), mengatakan, ini adalah sebuah investasi yang paling besar untuk sebuah sirkuit di Indonesia.

"Sebab, untuk ground work saja, di bawah saja, memastikan bisa dibangun, itu Rp 300 miliar. Untuk kontrak aspal, itu Rp 900 miliar dari PP (Pembangunan Perumahan), karena kita pakai stone mastic asphalt yang terbaik," ujar Abdulbar, di Jakarta, Rabu, (2/2/2022).

Abdulbar menambahkan, sewaktu World Superbike (WorldSBK) digelar, turun hujan yang sangat deras. Tapi, semua pebalap tetap tampil maksimal dan berkomentar bahwa cengkraman aspalnya sangat bagus.

"Kemudian, paddock itu sekitar Rp 200 miliar. Sekarang kita juga menambah investasi lagi dari VIP Village. Sebelumnya, hanya satu seksi yang terbangun. Nanti, akan ada satu lagi yang lebih panjang lagi, 2.400 VIP, itu panjangnya 200 meter, dari ujung paddock sampai ke tikungan pertama," kata Abdulbar.

Abdulbar mengatakan, untuk grand stand, sebelumnya MGPA hanya menyewa dari PON (Pekan Olahraga Nasional), karena saat itu tidak ada waktu. Sekarang MGPA membeli tribun, impor dari Perancis, Jepang, dan China, sebanyak 50.000 kursi yang berkelas dan permanen.

"Di bawahnya, kalau sebelumnya itu lumpur, sekarang sudah kita lakukan perkerasan. Jadi, investasi ini mungkin sudah di atas Rp 1 triliun lebih. Warisan ini harus kita jaga, ini bukan hanya untuk periode kami, tapi untuk 50 tahun berikutnya ini bisa menjadi dari warisan dari Indonesia," ujar Abdulbar.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/03/172100015/itdc-sebut-nilai-investasi-sirkuit-mandalika-lebih-dari-1-triliun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke