Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pilih Jenis Kulit Jok Motor yang Aman dari Cakaran Kucing

JAKARTA, KOMPAS.com— Kucing adalah hewan yang memiliki kebiasaan alami mencakar benda. Jok motor kerap menjadi objek yang digemari kucing untuk mencakar.

Jok motor memiliki tekstur yang sangat nyaman di kuku kucing sehingga kebiasaan ini kerap dilakukan berulang.

Drh Nurul Hafsari dari DNA Animal Clinic Bogor mengatakan jika kucing menyukai jok motor sebagai objek untuk mencakar karena teksturnya.

“Jok motor itu kan beberapa sifatnya bertekstur. Saat digaruk sangat nyaman sensasinya bagi kucing,” katanya baru-baru ini pada Kompas.com.

Oleh karena itu, kucing akan sangat tidak menyukai jok motor dengan tekstur yang licin. Jok motor jenis ini akan dihindari oleh kucing untuk menyalurkan kebiasaan mencakar.

Jok motor licin dan halus tidak membuat kucing tertarik untuk mencakarnya karena dirasa kurang menantang. Selain itu, badan kucing akan mudah terpeleset saat mencakar jok jenis ini.

Kucing sangat menyukai jok motor dengan tekstur timbul atau dengan detail dot. Maka pemilik motor harus menghindari jenis ini agar tidak di cakar kucing. Mengganti jenis jok dengan yang halus bisa mencegah kucing merusak jok motor.

“Kucing gemar menggaruk benda yang bertekstur agak timbul atau kasar. Jok motor kebanyakan tidak terlalu halus sehingga sangat disukai kucing untuk di cakar,” ucap Nurul.

Kucing sendiri adalah hewan pemburu sehingga perlu mengasah kukunya agar tajam. Pada saat mencakar, kuku kucing akan terasah secara alami.

Maka dari itu pemilik motor tidak dapat semudah itu menghentikan kebiasaan kucing merusak jok motor. Belum lagi, dengan mengganti jok motor dengan jok halus terkadang bukanlah selera ideal pemilik motor.

Alhasil mengganti jok motor terkadang justru membuat pemilik motor tidak nyaman. Belum lagi pemilik motor harus menggelontorkan dana untuk mengganti jok motor dengan tekstur yang licin dan halus.

Sebagai alternatif, tidak ada salahnya melindungi jok motor dengan lapisan jala-jala khusus jok motor. Menggunakan jala-jala akan membuat kuku kucing tersangkut di jok sehingga kucing tidak menyukainya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/31/114200115/pilih-jenis-kulit-jok-motor-yang-aman-dari-cakaran-kucing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke