Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beberapa Faktor Penyebab Tikus Suka Bersarang di Ruang Mesin

JAKARTA, KOMPAS.com - Tikus merupakan hewan pengerat yang merugikan, bahkan bagi para pemilik mobil. Jika tidak waspada, tikus bisa membuat sarang di dalam mobil, salah satunya bagian ruang mesin.

Jika tikus masuk ke dalam mobil, tentu saja hal ini merugikan bagi pemilik mobil. Tikus bisa saja menggigit kabel sehingga terjadi konslet yang menyebabkab kebakaran mobil.

Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna, ada beberapa faktor yang menyebabkan ruang mesin bisa dimasuki oleh tikus.

“Pertama karena ruang mesin cenderung lebih hangat dibanding area lainnya. Bahkan bukan cuma tikus, kucing pun sering diam di ruang mesin,” kata Suparna kepada Kompas.com belum lama ini.

Faktor selanjutnya yang dapat membuat tikus masuk ke dalam ruang mesin yakni karena mobil jarang dipakai. Suparna mengatakan, tikus sering mencari tempat berlindung dan bersembunyi, ruang mesin bisa menjadi salah satu tempatnya.

“Ketiga, di ruang mesin ada material-material yang mengundang tikus untuk masuk ke situ. Misalnya ada kabel-kabel, lalu plastik yang biasanya digigiti oleh tikus,” kata Suparna.

Hewan pengerat, misalnya tikus membutuhkan benda untuk digigit dengan material tertentu. Itulah mengapa tikus sering bersarang di ruang mesin, karena hangat, nyaman dan dipenuhi material yang merangsang tikus untuk masuk ke dalam.

Untuk mencegahnya, pemilik mobil harus sering mengecek kondisi ruang mesin dan membersihkannya.

Perhatikan pula lokasi parkir, biasanya kendaraan yang diparkir di luar rumah atau berdekatan dengan selokan akan mudah didatangi tikus.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/30/180100115/beberapa-faktor-penyebab-tikus-suka-bersarang-di-ruang-mesin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke