Salin Artikel

Wuling Mendaftarkan Dua Desain Mobil Mungil di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) sepertinya serius mau menggarap pasar kendaraan bermotor listrik di Indonesia, mulai 2022. Rencana ini, semula terungkap ketika merek asal China itu memboyon mobil listrik terlaris di negara asalnya, pada pameran 2021 lalu.

Fakta lain, diam-diam perusahaan telah mendaftarkan desain mobil terkait ke Kementerian Perindustrian serta masuk Berita Resmi Desain Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM.

Terlihat terdapat dua desain mobil yang diajukan Wuling dengan karakter mungil di surat resmi No.3/DI/2022 yang diumumkan 25 Januari 2022 sampai 24 April 2022 itu.

Salah satunya, mirip dengan Wuling GSEV yang dipamerkan di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 dan Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021.

Desain mobil yang diajukan Wuling itu terdaftar dengan kegunaan produk sebagai "Bentuk dan konfigurasi estetik suatu kendaraan mobil untuk sarana transportasi manusia."

Desain itu diajukan SAIC GM Wuling Automobile Co. LTD yang beralamat di China dengan alamat kuasa bertempat di Jakarta.

Adapun Berita Resmi Desain Industri merupakan bagian perusahaan guna meningkatkan daya saing di pasar dan menghindari pembajakan merek. Sehingga, mereka memiliki kuasa penuh atas barang yang didaftarkan.

Pendaftarannya sendiri ke Kementerian Perindustrian melalui Klinik Hak Kekayaan Intelektual untuk pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) daftar karya atau merek dan desainnya.

Sebelumnya, Wuling telah memperkenalkan mobil listrik di dalam negeri yang menggunakan platform Global Small Electric Vehicle (GSEV). Lalu, perusahaan berkomitmen untuk mulai menjualnya pada 2022.

Tidak sampai di sana, Wuling juga berkomitmen untuk memproduksi mobil terkait di pabriknya di Cikarang, Jawa Barat.

"Pasar di Indonesia sangat besar dan pemerintah juga sangat agresif dalam hal membuat kebijakan dan lainnya. Saya pikir, potensinya sangat besar," kata Han Dehong, Wakil Presiden Direktur Wuling Motors.

Namun bicara soal harga, Han mengatakan bahwa pihaknya tidak bisa menjelaskannya lebih detail, tapi yang pasti akan terjangkau.

Platform GSEV sendiri sudah hadir dalam enam produk yang diluncurkan sejak 2017. Mulai dari E100, E200, Hongguang Mini EV, Hongguang Mini EV Macaron, KiWi EV, hingga Nano EV.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/28/080200615/wuling-mendaftarkan-dua-desain-mobil-mungil-di-indonesia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.