Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pahami Bahaya Pasang Stiker Besar di Kaca Belakang Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi mobil bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan memasang stiker.

Memasang stiker tidak perlu biaya yang mahal namun bisa sedikit mengubah penampilan mobil.

Salah satu tempat yang sering jadi sasaran penempatan stiker adalah kaca belakang. Salah satu alasannya, kaca belakang punya kontur yang rata serta lebar dan besar dan dapat ditempel stiker apapun.

Pada bagian belakang ini juga sering ditempel stiker besar di bagian tengah, mulai dari merek motor gede terkenal sampai stiker kucing dengan wiper sebagai buntutnya.

Pemasangan stiker di kaca belakang mobil juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Hal ini berhubungan dengan keselamatan pengemudi.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, penggunaan stiker besar kalau dilihat dari sisi keselamatan itu tidak boleh dilakukan. Stiker kecil tapi posisinya di tengah, atau jumlahnya banyak juga enggak aman.

Sony menjelaskan, kaca kendaraan sengaja dibuat dari material yang tembus pandang agar pengemudi dapat melihat keluar kabin dengan luas atau maksimal. Jika ada stiker, tentu menghalangi pandangan ke belakang.

“Dengan kaca belakang, pengemudi bisa memposisikan kendaraan sesuai dengan lajur, lalu antisipasi dan berkomunikasi sebelum terjadi accident. Selain itu bisa juga membaca pergerakan di luar kabin secara jelas,” ucap Sony kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Jadi kaca belakang, menurut Sony harus clear, tidak ada yang menghalangi. Mengingat kaca belakang adalah komponen penting dalam menunjang keselamatan berkendara.

“Ketika ada yang memasang stiker besar di kaca kendaraan, apalagi ukurannya besar, mereka mengabaikan keselamatan dengan menyiksa diri sendiri,” kata Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/27/181200315/pahami-bahaya-pasang-stiker-besar-di-kaca-belakang-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke