Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Usil Pengendara Vespa Tegur Boncenger yang Duduk Berjauhan

Video yang diunggah akun Instagram Jakarta Keras itu memperingatkan pemotor di depannya karena pembonceng yang diduga pasangan itu duduk berjauhan.

Ketika diberitahu di lampu merah, pemotor dan pembonceng yang duduknya berjarak itu kemudian belok kiri dan langsung tancap gas.

"Bang duduknya berjarak banget, pegangan bang itu kasian nanti jatoh," kata pengendara yang memakai Vespa tersebut dikutip Rabu (26/1/2022).

Terlepas dari usilnya pengendara Vespa tersebut, posisi duduk penumpang atau yang kerap dijuluki boncenger tidak bisa hanya sekadar duduk saja di jok belakang.

Ada beberapa teknik yang perlu diketahui agar pengendara juga lebih nyaman saat membawa motor. Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan adalah boncenger duduk menjauhi pengendara.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, hal tersebut tidak direkomendasikan. Sebab, kerenggangan antara boncenger dan biker mengurangi keseimbangan motor.

Sebab keseimbangan merupakan faktor paling krusial saat berkendara motor.

"Dalam teori safety riding, sewaktu berboncengan seharusnya boncenger menghadap ke depan dan bagian dadanya menyender ke punggung biker. Gunanya buat menyatukan distribusi bobot yang akhirnya memaksimalkan pusat gravitasi dan keseimbangan," ujar Jusri, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Jika pengendara dan boncenger bukan pasangan suami istri, bisa menggunakan kedua lutut bagian dalam untuk menjepit pinggul pengendara.

Sehingga, gerakan pengendara bisa menyatu dengan penumpang, karena kalau tidak sesuai bisa berbahaya saat manuver.

"Teori itu bisa disikapi bijak oleh siapapun boncenger yang mau aman berkendara. Boncenger yang membekap biker dikatakan posisi ideal saat berkendara," kata Jusri.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/26/112200115/video-usil-pengendara-vespa-tegur-boncenger-yang-duduk-berjauhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke