Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketika Bebek Honda Supra Kalahkan CRF15L di Tanjakan

JAKARTA, KOMPAS.com - Video tayang di media sosial memperlihatkan Honda Supra yang sedikit dimodifikasi dan dikendarai bapak-bapak berhasil menaklukkan tanjakan di medan terjal.

Video tersebut menarik sebab Supra tersebut "mengalahkan" Honda CRF150L yang dikendarai off roader. Pengendara CRF150L terlihat kesulitan menaklukkan medan tanah yang terlihat basah dan gembur.

Video yang diunggah akun Instagram Agoez Bandz4 itu menarik perhatian netizen. Mayoritas salut dengan gaya berkendara bapak-bapak di video yang mampu menaklukkan medan tersebut.

Tapi ada juga yang mendukung off roader tsrebut. Seperti yang ditulis akun uman01 dengan analisa bahwa bapak-bapak itu berhasil lewat karena jok Supra tidak terlalu tinggi.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan, tak sedikit video motor bebek mengalahkan motor trail di habitatnya. Tapi hal itu harus dilihat beban motornya yang berbeda.

Motor trail lebih berat, sehingga bebek bisa lebih mudah melalui jalan off road. Selain itu, penguasaan medan atau trek.

"Bagi pengendara bebek tersebut, mungkin sudah menjadi kesehariannya melewati jalan tersebut. Jadi, tidak masalah dengan kondisi jalan seperti itu," ujar Agus, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Agus mengatakan, pengguna motor bebek tersebut sudah beberapa kali mempelajari jalur aman yang bisa dilalui tanpa harus bersusah payah

Menurutnya, terkadang tidak semua pengendara off road bisa menguasai kendaraannya dalam trek tertentu, misalnya di jalur kubangan, berbatu, dan lainnya.

"Poinnya, jika kita sering melalui jalur yang ekstrem, maka jalur tersebut menjadi mudah dilalui. Namun, bagi mereka yang baru sekali lewat, maka akan sangat sulit dilalui," kata Agus.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defense Driving Consulting (JDDC), kemampuan lebih dominan dalam hal ini. Tapi komponen lain seperti ban juga membantu.

"Tapi, ada juga yang ibu-ibu, tapi mampu lewati jalur off road. Mereka bisa karena biasa, insting dia sudah melekat," ujar Jusri.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/25/134100815/ketika-bebek-honda-supra-kalahkan-crf15l-di-tanjakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke