Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tilang Elektronik di Kota Blitar Akan Beroperasi Maret 2022

BLITAR, KOMPAS.com - Sistem tilang elektronik atau yang umum disebut ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) merupakan bagian dari program Polri dalam penegakan hukum terutama terkait lalu lintas yang mulai dicanangkan sejak Maret 2021.

Seperti yang sudah umum diketahui, teknis penerapan ETLE ini diawali dari pemasangan kamera CCTV di sejumlah titik yang dianggap rawan pelanggaran lalu lintas, seperti pengendara motor tidak mengenakan helm atau berkendara sambil memainkan ponsel.

Beberapa daerah telah menerapkan ETLE tak terkecuali Kota Blitar, Jawa Timur. Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono mengatakan, perangkat keras ETLE memang sudah terpasang di tiga titik.

Namun perangkat lunak tersebut belum siap dan jaringan belum tersambung ke server Polda Jawa Timur.

"Sudah saya periksa, kalau perangkat kerasnya sudah siap, sudah terpasang. Kamera dan layar monitor sudah. Tinggal jaringan ke server Polda," kata Argo dlansir Kompas.com, Senin (24/1/2022).

Argo yang baru beberapa saat menjabat Kapolres Blitar Kota dan akan melanjutkan apa yang sudah dirintis oleh pendahulu. Argo menargetkan, ETLE di tiga titik pintu masuk Kota Blitar itu bisa beroperasi mulai Maret.

"Bulan depan, Februari, kita akan mulai sosialisasi ke masyarakat selama satu bulan. Setelah itu, ETLE akan mulai beroperasi penuh Maret. Jadi penindakan pelanggaran yang terdeteksi ETLE mulai Maret," kata dia.

Pihaknya sudah memastikan semua perangkat keras telah terpasang dan bekerja dengan baik. Hanya saja, perangkat ETLE yang ada belum terhubung ke sistem ETLE yang dikendalikan Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim.

"Ada jaringan 'back office' yang belum tersambung untuk data ERI (electronic registration and identification), itu untuk data server dari Polda," kata dia.

Argo menjelaskan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Polda Jatim agar segera mengirimkan tim teknis dan mulai menghubungkan perangkat ETLE Kota Blitar dengan server Polda Jatim.

Sementara untuk tiga titik pemasangan kamera ETLE di Kota Blitar berlokasi di impang Tiga Herlingga, Simpang Empat Masjid Plosokerep, dan Simpang Empat SPBU Pakunden yang merupakan pintu masuk utama ke pusat Kota Blitar.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/25/111200315/tilang-elektronik-di-kota-blitar-akan-beroperasi-maret-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke