Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali Perilaku Truk Saat Mengalami Rem Blong di Jalan

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mengalami rem blong, kendaraan-kendaraan besar seperti bus atau truk berisiko memakan korban lebih besar dan menimbulkan kerusakkan yang lebih parah.

Ada langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk memperlambat laju kendaraan dan meminimalisir korban sebisa mungkin, saat rem kendaraan besar blong.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menjelaskan, secara umum ada dua tindakan reaktif yang bisa dilakukan saat rem kendaraan besar mengalami kerusakan atau blong.

"Jangan panik, dan segera cari ruang yang aman untuk memberhentikan laju truk," kata Sony saat dihubungi Kompas.com, Minggu (23/1/2022).

Ia menjelaskan, pengemudi harus mencari jalan agar potensi korban kecil dan mengarahkan kendaraannya ke arah tersebut.

Langkah berikutnya, pengemudi bisa mulai menurunkan gear secara bertahap untuk memperlambat laju kendaraan.

"Turunkan gear, aktifkan exhaust brake dan bunyikan klakson panjang," kata dia.

Pada kendaraan besar, ada fitur exhaust brake atau rem bantuan yang membuat kendaraan dapat diperlambat lajunya dalam kondisi tertentu. Fungsinya untuk membantu kinerja rem utama, khususnya untuk mobil kendaraan berukuran besar.

Setelah itu, pengemudi bisa mengaktifkan rem bantuan lain yang ada pada kendaraan tersebut. "Apabila memungkinkan, aktifkan parking brake," kata Sony.

Parking brake, lebih dikenal dengan sebutan rem tangan atau hand brake dapat membantu pengemudi untuk semakin memperlambat laju kendaraan saat rem blong.

Langkah yang satu ini harus dilakukan setelah pengemudi menurunkan gigi. Menyitat Auto2000, rem tangan yang diaktifkan akan langsung menghentikan laju ban. Hal ini bisa mengakibatkan ban selip dan kendaraan terbalik.

Namun Sony menjelaskan, pada akhirnya sistem rem kendaraan besar biasanya berbeda-beda. Sehingga, pengemudi perlu memahami komponen-komponen mobilnya sebelum berkendara, khususnya jika akan mengemudikan kendaraan besar.

"Jadi kompetensi pengemudi tergantung, truknya apa?" ucap Sony melanjutkan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/24/110200815/kenali-perilaku-truk-saat-mengalami-rem-blong-di-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke