Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Baut Bentuk Bintang di Motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Baut alias sekrup banyak terdapat pada sepeda motor. Bentuknya macam-macam, mulai dari baut plus dan min, baut segi enam dan baut segi enam dalam atau baut L.

Tapi kini mulai banyak yang memakai baut seperti bentuk bintang. Model baut seperti ini kerap dipakai di merek asal Eropa semisal BMW dan Amerika Serikat yaitu Harley-Davidson.

Mengutip Ride-Hi, baut seperti ini disebut baut Torx. Nama umum baut ulir ini disebut hexalobular internal atau disebut juga hex lobe yang artinya enam tonjolan atau daun telinga.

Kelebihan hex lobe ialah lebih presisi dibandingkan baut tipe lain. Sehingga mudah saat buka atau pasang.

Dengan bentuk seperti bintang, kunci akan memegang kuat baut sehingga tidak mudah terlepas. Keunggulan lainnya ialah gaya putar baut dipusatkan di tengah, sehingga baut dapat dikencangkan dengan kuat.

Namun baut seperti ini perlu kunci khusus yang disebut kunci Torx. Bahkan nama "Torx" terdaftar dalam merek dagang yang dikembangkan Textron Kamker asal AS pada 1967 oleh Accument.

Kelemahannya ialah hex lobe belum terlalu populer dan tidak bisa dibuka dengan kunci lain. Kemudian ukurannya mesti sesuai karena kalau tidak lubang bisa slek dan merusak sekrup.

Karena itu Ride-Hi menyarankan jika memiliki baut jenis ini baiknya punya satu set kunci. Jangan beli satuan karena jika ukurannya salah atau kurang tepat bakal merepotkan.

Di BMW, Torx atau hex lobe ini digunakan di berbagai jenis motor mulai jadi jenis touring dan supersport.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/20/154100615/mengenal-baut-bentuk-bintang-di-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke