Salin Artikel

Bahas Apa Saja Fitur Unggulan Yamaha R15M

Kompas.com sudah me-review R15M usai peluncuran dan merasakan performanya di Sirkuit Sentul, Jawa Barat. Kini Kompas.com menjajalnya selama beberapa hari untuk berkendara harian.

Soal desain sudah dibahas di tulisan sebelumnya. Kini bahasan beralih kepada fitur R15M, salah satu motor sport full fairing 150cc dengan fitur paling lengkap di kelasnya.

Lampu depan dan belakang R15M sudah LED tapi sein masih pakai bohlam. Adapun di samping lampu utama ada Daytime Running Light (DRL) LED berbentuk seperti alis.

Fitur unggulan pertama pada R15M ialah quick shifter (QS) Quick Shifter sering dijumpai pada motor gede (moge), terutama yang berjenis sport fairing.

Fitur ini memungkinkan pengendara melakukan pengoperan gigi ke atas tanpa perlu menekan tuas kopling. Sehingga roses perpindahan gigi menjadi lebih cepat dan nyaman untuk mendukung akselerasi.

Kemudian kedua, motor ini sudah dibekali fitur Y-Connect. Motor bisa terkoneksi melalui perangkat teknologi Communication Control Unit (CCU), seperti Nmax dan juga Aerox 155 dan Fazzio yang baru meluncur.

Dengan hadirnya fitur ini, pengendara dapat dengan mudah memperoleh informasi terkait kondisi sepeda motor dan data berkendara secara real time melalui aplikasi Y-Connect.

Aplikasi ini bisa memberikan informasi kondisi oli dan aki, lokasi parkir terakhir, pesan masuk, data konsumsi bahan bakar, Revs Dashboard dengan tampilan menarik yang dilengkapi dengan eco indicator.

Motor juga dibekali ABS dual channel yang berfungsi mencegah kedua roda terkunci jika pengendara melakukan pengereman secara mendadak.

Pengendara akan lebih percaya diri saat melakukan pengereman keras (hard braking) karena kedua roda tak terkunci, otomatis motor menjadi lebih mudah dikontrol untuk menghindari objek atau benda di depan.

Fitur keselamatan yaitu dibekali traction control system (TCS). Fitur yang dapat menjaga ban belakang tidak kehilangan traksi di permukaan jalan yang licin, seperti jalanan berpasir atau basah.

Kemudian speedometer dibekali dengan dua opsi display fitur ala moge. Instrumen klaster dapat menyajikan dua opsi tampilan, yaitu “Street” dan “Track” mode.

Untuk Street mode, tampilan speedometer lebih mendukung untuk kebutuhan berkendara harian, sementara Track mode tampilan layar dirancang untuk mendukung kegiatan hobi membalap di sirkuit.

Track mode ini dapat menunjukan waktu lap tercepat dan yang paling lambat. Kemudian tampilan putaran meisn atau rpm juga berbeda lebih tinggi.

Pengendalian didukung suspensi depan upside down memberikan pengendalian yang lebih stabil dan maksimal saat sedang bermanuver. Suspensi ini juga mendongkrak tampilan motor menjadi lebih maskulin.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/20/104200215/bahas-apa-saja-fitur-unggulan-yamaha-r15m-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.