Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lebih Banyak Rugi Meladeni Pengemudi Agresif di Jalan Raya

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengguna jalan di Indonesia tidak sedikit yang agresif ketika mengemudi. Mereka biasanya terlihat tidak mau mengalah, ingin didahulukan, dan tidak jarang merebut jalan orang lain.

Tentu saja ketika bertemu dengan pengemudi agresif, hati menjadi kesal dan ingin rasanya membalas perilakunya. Misalnya seperti tidak mengalah atau memberi ruang, sampai akhirnya ada yang mengalah.

Namun, membalas perilaku pengemudi yang agresif di jalan sebenarnya banyak ruginya. Misalnya seperti yang dijelaskan Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre.

“Pertama adalah rugi perasaan, karena kita jadi terbawa emosi. Jika sudah emosi, bisa memengaruhi cara mengemudi kita jadi ikut agresif,” ucap Marcell kepada Kompas.com, Senin (17/1/2022).

Kemudian, bisa juga ketika menanggapi pengemudi yang agresif, terjadi kontak antar kendaraan. Tentu saja jika sudah penyok, kedua pemilik kendaraan mengalami rugi materi, sehingga harus memperbaiki kendaraannya.

“Bahkan jika sampai kecelakaan, paling parah bisa saja menyebabkan fatalitas atau kematian,” kata Marcell.

Ketika berada di jalanan, sebaiknya utamakan empati dan saling berbagi. Ingat, jalan raya adalah milik bersama, mengalah di jalan bukan berarti kalah, tapi bijaksana dan meminimalisir kemungkinan risiko yang bisa terjadi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/18/122200215/lebih-banyak-rugi-meladeni-pengemudi-agresif-di-jalan-raya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke