Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali Jenis Pelek Mobil Sebelum Mulai Modifikasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi pelek mobil menjadi salah satu opsi yang mudah untuk mempercantik tampilan mobil. Di samping warnanya beragam, produsen pelek juga menyediakan berbagai model.

Founder Karma Bodykit Kiki Anugraha menjelaskan, saat ini model pelek yang disediakan oleh produsen sangat beragam. Pengguna mobil bisa memilih sesuai dengan eksterior mobilnya.

"Untuk pelek beraneka ragam. Disesuaikan kembali dengan konsep dan warna mobil," ujar Kiki saat dihubungi Kompas.com, Kamis (13/1/2022).

Ia melanjutkan, ada tiga model pelek yang masih diminati pengguna mobil hingga saat ini.

"Contoh pelek yang dari dulu sampai sekarang masih diminati, model palang lima, model jari-jari dan model jaring," kata dia.

Pelek palang lima termasuk ke dalam jenis pelek iron cast wheel atau pelek racing. Serupa dengan pelek alloy wheel, namun bahannya lebih kokoh dan kaku karena dibuat menggunakan besi cair yang dituang ke dalam cetakan.

Model ini kuat menopang kendaraan, serta kemungkinan pelek rusak atau bengkok cukup rendah. Jenis pelek yang serupa dengan iron casting wheel adalah alloy wheel.

Selain itu, yang membedakan iron cast wheel dengan alloy wheel adalah bahan dasarnya. Menyitat situs Garasi, alloy wheel menggunakan campuran alumunium dan logam, sehingga pelek kuat namun lebih memiliki bobot yang lebih ringan.

Pelek palang lima membuat mobil terlihat lebih sporty. Pilihan model dan warna yang disediakan juga banyak.

"Saya selaku produsen pelek berinovasi dari pattern tersebut, di desain yang lebih kekinian. Contohnya, jari-jari tapi agak melintir, lalu permainan lips," ucap Kiki.

Sedangkan pelek model jari-jari dan model jaring termasuk ke dalam jenis spoke wheel. Pelek ini terdiri dari rangkaian baja yang disusun, berbeda dari pelek racing yang terdiri dari beberapa palang kokoh. 

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/15/172200715/kenali-jenis-pelek-mobil-sebelum-mulai-modifikasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke