Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

New Toyota Fortuner dan All New Land Cruiser Resmi Meluncur

JAKARTA, KOMPAS.com - New Toyota Fortuner dan All New Land Cruiser resmi mengaspal di Indonesia lewat acara peluncuran yang berlangsung online, Kamis (13/1/2022).

Susumu Matsuda, President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, MPV memang masih menjadi tipe mobil favorit masyarakat Indonesia. Tetapi, satu dekade terakhir, SUV juga mulai populer secara global dan di Indonesia.

"Kita berharap New Fortuner dan All New Land Cruiser bisa mendukung mobilitas masyarakat Indonesia," ucapnya dalam acara peluncuran New Fortuner dan All New Land Cruiser, Kamis (13/1/2022).

Vice President Director PT TAM Henry Tanoto juga menjabarkan kalau minat kendaraan SUV meningkat. Jika di tahun 2011, hanya berkontribusi 12,3 persen, sedangkan 2021 naik menjadi 35 persen.

"Land Cruiser sudah menjadi bagian sejarah transportasi di Indonesia. Dikenal jadi mobil yang diandalkan mengisi segmen SUV premium," ucapnya.

All New Land Cruiser merupakan generasi terbaru yang melanjutkan Land Cruiser 200 (LC 200). Semua komponen berubah pada generasi terbaru Land Cruiser ini atau bisa disebut LC 300.

Secara desain, tampilannya berubah total walaupun masih membawa aura Land Cruiser daru generasi sebelumnya. Ubahan paling besar adalah penggunaan platform TNGA-F yang 20 persen lebih kaku.

Selain itu, bobot total Land Cruiser juga jauh berkurang berkat penggunaan bahan bodi aluminium di berbagai bagian. Tentunya dengan bobot yang lebih ringan akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar serta penggunaan ban.

Pada bagian kabin pun turut dirombak dengan desain yang lebih futuristis. Ditambah adanya layar berukuran besar (12,3 inci) yang berfungsi menampilkan informasi ketika melakukan off road.

LC 300 yang dijual di Indonesia tersedia dalam dua pilihan, LC 300 GR-S 4X4 A/T dan LC 300 VXR 4X4 A/T. TAM hanya menawarkan satu mesin, yakni 3.3 L V6 diesel yang menghasilkan tenaga 309 PS atau 306 TK dan torsi 700 Nm yang disalurkan ke transmisi otomatis 10 percepatan.

Komponen baru yang terpasang pada Fortuner terbaru ini adalah mesinnya yang kini menggunakan 1GD dengan kapasitas 2.800 cc. Mesin baru tersebut menghasilkan tenaga jauh lebih besar dibanding yang sebelumnya (2GD-FTV).

Mesin terbaru ini disematkan pada model Fortuner VRZ 4x2, VRZ GR Sport 4x2, dan VRZ GR Sport 4x4. Toyota juga masih menyediakan varian mesin 2GD untuk Fortuner tipe G.

Untuk harganya, All New Land Cruiser dibandero Rp 2,327 miliar (VXR) dan Rp 2,378 (GR-S). Sedangkan untuk New Fortuner 1GD, dibanderol Rp 580,9 juta (VRZ 4x2), Rp 597,9 juta (VRZ GR Sport 4x2) dan Rp 684,5 juta (VRZ GR Sport 4x4).

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/13/113218715/new-toyota-fortuner-dan-all-new-land-cruiser-resmi-meluncur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke