Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bodi Bus Panorama Buatan Laksana Muncul Lagi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bodi bus Legacy SR2 Panorama merupakan model terbaru dari Karoseri Laksana. PO Siliwangi Antar Nusa (SAN) menjadi yang pertama menggunakan bodi tersebut untuk armadanya.

Bodi Panorama ini merupakan facelift dari Legacy SR2 Single Glass yang sejak 2016 hadir. Tampilannya jadi lebih sporty dengan model bumper baru dan kaca depan yang lebih tinggi serta model selendang baru.

Kejutan pun hadir dari Laksana, bus kedua dengan bodi Panorama terlihat berjalan keluar dari karoseri yang ada di Ungaran. Terlihat bus menggunakan kelir biru dengan livery bertuliskan “HINO” cukup besar di bagian samping bus.

Kemudian, ditambah juga aksen krom yang memanjang dari lampu depan sampai ke atas kaca, menambah kesan elegan. Selain itu, tertulis juga kode sasis Hino RN8J yang nampaknya digunakan untuk bodi bus tersebut.

Hino RN8J merupakan sasis yang belum ada di Indonesia. Jika dibandingkan dengan Hino RN285, kode mesin yang digunakan sedikit berbeda, yakni J08E-VD (RN8J) dan J08E-VT (RN285).

Berdasarkan informasi yang kami terima, bus tersebut keluar dari karoseri cuma untuk melakukan inspeksi, jadi belum resmi dirilis. Selain itu, bus tersebut rencananya digunakan untuk kendaraan training Hino.

Bisa saja sasis bus ini akan menggantikan sasis bus Hino yang sudah hadir di Indonesia. Apalagi untuk di negara lain seperti Australia dan Filipina sasis tersebut sudah sesuai dengan standar emisi Euro4.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/10/180100315/bodi-bus-panorama-buatan-laksana-muncul-lagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke