Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pakai Roof Box Mobil, Tidak Berisik dan Lebih Nyaman buat Penumpang

JAKARTA, KOMPAS.com – Masih banyak orang yang skeptis dengan roof box mobil, padahal piranti ini punya banyak manfaat dari sisi keselamatan dan keamanan berkendara.

Penggunaan roof box biasa dilakukan oleh pemilik kendaraan, yang bepergian jauh dengan membawa banyak barang.

Jusri Pulubuhu, Founder and Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, keuntungan dari pemasangan roof box, yaitu penempatan barang bawaan tidak bersama dengan penumpang di kabin.

“Dari sisi keamanan dan keselamatan, penempatan barang bersama penumpang di kabin memiliki risiko,” ucap Jusri, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

“Barang-barang yang merupakan benda padat, ketika terjadi kecelakaan bisa memperparah cedera penumpang,” kata dia.

Di samping itu, Jusri juga mengatakan, barang-barang yang tidak terikat dan ada di kabin bisa mengganggu pengemudi dan penumpang.

Seperti diketahui, barang-barang tersebut bisa bergeser dan mengeluarkan suara saat mobil melaju, sehingga kurang nyaman.

Dengan adanya roof box sebagai penyimpanan barang, pengemudi dan penumpang bisa lebih nyaman selama perjalanan. Penumpang jadi tidak terganggu apabila harus duduk bersebelahan dengan barang.

“Jadi kalau menggunakan roof box, maka cara mengemudinya harus disesuaikan dengan lebih berhati-hati dan harus sesuai dengan kondisi membawa roof box,” kata Jusri.

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, memastikan bahwa pemasangan roox box bukan pelanggaran lalu lintas.

“Enggak (ditilang), sepanjang ukuran dan dimensinya normal dan wajar,” ujar Sambodo, kepada Kompas.com (10/1/2022).

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/10/160100215/pakai-roof-box-mobil-tidak-berisik-dan-lebih-nyaman-buat-penumpang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke