Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gas ke Puncak, Konsumsi BBM Rocky 1.2L Manual Sentuh 15 Kpl

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu Rocky merupakan kendaraan berjenis sport utility vehicle (SUV) kompak dengan relatif harga terjangkau yang berpenampilan modern sekaligus sporty.

Fiturnya pun cukup lengkap untuk mendukung kenyamanan, keselamatan, serta kemudahan berkendara. Namun bagaimana tingkat efisiensi bahan bakar minyak (BBM)-nya?

Mengingat, konsumsi bahan bakar menjadi suatu aspek yang penting pada kendaraan bermotor karena berkaitan dengan keluaran emisi CO2. Bagian ini juga menentukan besaran pungutan PPnBM di Indonesia.

Dalam upaya mendapatkan hasil maksimal dalam menguji tingkat efisiensi BBM pada Daihatsu Rocky 1.2L ADS M/T, tim Kompas.com membawa mobil ke Puncak, Bogor, Jawa Barat dari Bekasi.

Pada kesempatan ini, kami menggunakan dua metode yaitu full-to-full dan melihat layar Multi Information Display (MID) yang ada di dasbor. Supaya, data yang diperoleh valid atau mengurangi margin error.

Metode full to full dilakukan dengan cara tangki kendaraan diisi penuh oleh bahan bakar yang sesuai, sampai batas yang sudah ditetapkan sebagai patokan yaitu bibir tangki.

Tim melakukan pengisian secara penuh untuk pertama kali di sekitar pintu Tol Bekasi Barat. Setelah digunakan sampai seharian dan hendak kembali dari Puncak, pengisian dilakukan kembali di SPBU yang sama.

Ketika diisi sampai penuh, didapatkan angkanya 20,04 liter bahan bakar yang telah digunakan. Adapun jarak yang tercatat yaitu 299,6 kilometer (dari Puncak ke Bekasi pada weekdays).

Sehingga untuk mendapatkan angka konsumsi bahan bakar, jarak tempuh kemudian dibagi dengan berapa liter BBM yang diisi. Jadi, 299,6 kilometer dibagi 20,04 liter dan hasilnya 14,97 kilometer per liter (kpl).

Capaian tersebut cukup valid apabila melihat layar MID di waktu yang sama yaitu 15 kpl. Sebagai catatan, pengemudi tidak melakukan eco-driving atau berkendara normal selama pengujian.

Apabila dikonversikan ke mata uang rupiah, selama perjalanan ini Rocky 1.2L manual menghabiskan Rp 180.360 (1 liter Pertamax Rp 9.000), dengan catatan saat berangkat mobil sudah diisi BBM penuh.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/08/090200115/gas-ke-puncak-konsumsi-bbm-rocky-1.2l-manual-sentuh-15-kpl

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke