Salin Artikel

Honda Bangun Pabrik Khusus Produksi Kendaraan Listrik di China

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan dunia otomotif terus mengalami kemajuan yang pesat. Hal ini ditandai dengan kemunculan kendaraan-kendaraan dengan berbagai fitur canggih dan peralihan mobil bertenaga bahan bakar minyak (konvensional) menjadi tenaga listrik.

Kondisi ini pun mendapat perhatian serius dari Honda China.

Dalam keterangan resmi yang Redaksi Kompas.com terima, Kamis (6/1/2022), Honda Motor (China) Investment Co., Ltd. yang merupakan anak perusahaan Honda di China mengumumkan bahwa Dongfeng Honda Automobile Co., Ltd akan membangun pabrik produksi khusus EV.

Hal ini dilakukan untuk membangun sistem dan kemampuan produksi yang memadai untuk memperluas jajaran mobil EV di masa depan.

Pabrik EV khusus yang baru, akan dibangun di Zona Pengembangan Ekonomi Wuhan di Provinsi Hubei, China, di atas lahan seluas 630.000 meter persegi, dengan kapasitas produksi tahunan dasar 120.000 unit kendaraan.

Pabrik ini dirancang mampu memproduksi EV dengan fungsi yang efisien dan cerdas dari proses awal hingga akhir. Diperkirakan Honda bisa memulai produksinya pada 2024.

Nantinya, semua proses produksi kendaraan listrik Honda akan dilakukan di pabrik ini, mulai dari stamping, pengelasan, pengecatan, perakitan, dan inspeksi kendaraan lengkap.

Pabrik ini juga akan berusaha mencapai tingkat otomatisasi terdepan di industri otomotif, terutama di area perakitan.

Selain itu, pabrik tersebut akan secara proaktif mengejar inisiatif keberlanjutan, yang akan mencakup pemanfaatan sumber energi terbaru seperti tenaga surya menuju realisasi netralitas karbon, penggunaan air daur ulang dan langkah-langkah konservasi sumber daya lainnya serta pengurangan emisi Volatile Organic Compounds (VOC), sumber utama polusi udara.

Honda juga berkomitmen akan terus mempercepat upaya elektrifikasi menuju realisasi netralitas karbon pada tahun 2050 dan menawarkan produk menarik yang melebihi harapan konsumen. 

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/07/070200315/honda-bangun-pabrik-khusus-produksi-kendaraan-listrik-di-china

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.