Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral, Video Rombongan Jokowi Beri Jalan untuk Ambulans di Grobogan

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Kompas.com, lokasi rombongan Jokowi memberikan jalan untuk ambulans yaitu di Jalan Raya Purwodadi-Blora, di Desa Mayahan, Kecamatan Tawangharjo, Grobogan.

Video tersebut sengaja direkam oleh salah satu penumpang ambulans yang kebetulan di tengan perjalanan berpapasan dengan kendaraan rombongan Jokowi.

Ambulans itu diketahui melaju dari arah (Timur) RSUD Ki Ageng Selo Wirosari menuju RS Panti Rahayu “Yakkum” Purwodadi. Hal ini berdasarkan keterangan Septian, pengemudi ambulans tersebut. Sementara perekam video itu adalah rekannya.

“Saya tidak menyangka. Awalnya saya berpikir mengalah dulu, namun pikiran pasien yang dalam kondisi gawat darurat,” ucap Septian dikutip dari Kompas.com.

Jika menilika aturan, dalam Undang-Undang Nomer 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, ada beberapa daftar kendaraan yang diprioritaskan diatur dalam pasal 134. Daftar ini diurutkan sesuai dengan peringkat urgensinya. Ambulans sendiri menempati urutan kedua.

1. Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas.
2. Ambulans yang mengangkut orang sakit.
3. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas.
4. Kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia.
5. Kendaraam pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara.
6. Iring-iringan pengantar jenazah.
7. Konvoi dan/atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Sementara menurut pasal 135, kendaraan yang mendapat hak utama sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 134 harus dikawal oleh petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia dan/atau menggunakan isyarat lampu merah atau biru dan bunyi sirine.

Jadi, sudah seharusnya ambulans didahulukan sebelum kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas dan setelah kendaraan pemadam kebakaran.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/06/132200015/viral-video-rombongan-jokowi-beri-jalan-untuk-ambulans-di-grobogan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke