Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Usai Berlibur, Jangan Abai Bersihkan Interior Mobil Cegah Sarang Virus

JAKARTA, KOMPAS.com - Memastikan terhindar dari potensi penyebaran virus corona alias Covid-19, kini masuk kategori penting bagi tiap masyarakat Indonesia. Buat yang usai berlibur, mencegah kondisi interior mobil jadi sarang virus juga wajib dilakukan.

Interior mobil menjadi salah satu lokasi paling rentan terhadap kebersihan, terutama pascaliburan panjang. Aktivitas keluar-masuk dari lokasi berbeda, makan, minum, sampai uap AC dari penyejuk ruangan bakal tercampur aduk dalam waktu tidak sebentar.

Alasan ini, mewajibkan pemilik mobil pribadi perlu memperhatikan kondisinya lebih ekstra lagi, mengingat masih masa pandemi.

Stefanus Yoga, pemilik Detailworks Motospa di Bintaro, Jakarta Selatan, mengatakan, virus dan beragam kotoran bisa bertahan lama jika interior mobil jarang dibersihkan.

Jika sudah tidak ada sampah, pemilik bisa menyedot debu-debu yang ada di interior menggunakan vacuum cleaner. Lakukan mulai dari selip-selipan di dasbor, kisi-kisi AC, cup holder, door trim, jok, sampai karpet.

Yoga juga menyarankan untuk menyiapkan berbagai pembersih interior. Jika interior dari bahan kulit, gunakan cairan pembersih khusus kulit, serta lap microfiber.

“Semprotkan cairan pembersih, lalu lap secara memutar ke bagian-bagian di interior. Kalau kotoran agak susah dibersihkan bisa gunakan sikat,” katanya.

Tapi ingat, jangan pakai cairan disinfektan untuk interior yang berbahan kulit karena bisa merusaknya. Sementara khusus interior berbahan fabric termasuk plafon, sebaiknya jangan pula dibersihkan dengan sikat.

“Paling efektif pakai cairan khusus fabric cleaner, bentuknya foam, lebih cepat mengangkat kotoran dan mudah dibersihkan,” ucap Yoga lagi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/03/084200915/usai-berlibur-jangan-abai-bersihkan-interior-mobil-cegah-sarang-virus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke