Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Malam Pergantian Tahun, 310.000 Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek

JAKARTA, KOMPAS.com - Masa libur Natal dan tahun baru menjadi momen bagi sebagian orang untuk melakukan perjalanan baik untuk liburan atau menghabiskan waktu bersama keluarga ke luar kota.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 310.193 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada 30-31 Desember 2021 atau H-2 sampai dengan H-1 Tahun Baru 2022.

Angka tersebut merupakan data gabungan dari arus lalu lintas dari empat gerbang tol utama yakni GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, volume kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek turun 1,8 persen dibanding lalu lintas normal periode November 2021.

"Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini turun 1,8 persen jika dibandingkan lalin normal periode November 2021 dengan total 315.978 kendaraan," kata Heru dalam keterangannya, Sabtu (1/1/2022).

Secara rinci, distribusi lalin arah timur yakni kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebanyak 78,329 kendaraan, turun sebesar 6,6 persen dari lalin normal.

Sementara kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang sebanyak jumlah 73,248 kendaraan, turun sebesar 9,5 persen dari lalin normal.

Sehingga total kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 155.577 kendaraan, turun sebesar 8,1 persen dari lalin normal.

Sementara untuk lalin arah barat, kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 86.814 kendaraan, turun 25,9% dari lalin normal.

Sementara itu, untuk lalin arah selatan, secara rinci jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 71.802 kendaraan, turun sebesar 18,3 persen dari lalin normal.

"Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol," ucap Heru.

Ia mengimbau pengguna jalan tol memastikan terlebih dahulu kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima dan mematuhi protokol kesehatan yaitu menggunakan masker, cuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, baik saat berada di rest area, isi BBM

"Saldo uang elektronik yang cukup, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/02/144100815/malam-pergantian-tahun-310.000-kendaraan-tinggalkan-jabodetabek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke