Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Antisipasi Truk ODOL, Begini Cara Kerja Teknologi WIM di Jalan Tol

Penerapan WIM di jalan tol sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan (Menhub) Nomor 116 Tahun 2021.

SE tersebut berisi tentang Pengawasan dan Penindakan Terhadap Kendaraan Angkutan Barang atas Pelanggaran Ukuran Lebih atau over dimension dan over load (ODOL) di Jalan Tol.

Keputusan ini mulai berlaku efektif pada 1 Januari 2022 sampai dengan waktu yang ditentukan kemudian dan dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan terkahir di lapangan.

“Sekarang jalan tol sebagian sudah ada alat WIM atau timbangan yang dipasang dan dapat bekerja meski mobil tetap jalan,” ucap Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, Kamis (30/1/2022).

Teknologi Weight in Motion

Sebagai informasi, WIM merupakan teknologi yang dapat melakukan pengawasan dan penindakan terhadap kendaraan angkutan barang. Alat ini memiliki akurasi yang tinggi dalam mengukur beban kendaraan dan melakukan justifikasi kendaraan angkutan barang bermuatan lebih.

Ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan transportasi jalan yang berkualitas, nyaman, aman, inovatif dan ramah lingkungan.

Adapun tujuan dipasangnya WIM adalah untuk mengawasi muatan barang dengan menggunakan alat penimbang metode dinamis dan pemeriksaan dokumen administrasi kendaraan angkutan barang.

Jika ternyata beratnya lewat dari batas atau dinyatakan melebihi muatan, truk bakal dialihkan untuk menurunkan bebannya atau langsung keluar tol melalui pintu yang disediakan.

Tak hanya mengukur beban, WIM diklaim juga mampu memprediksi umum jalan dan mengevaluasi pemeliharaan dan perawatan perkerasan jalan secara periodik.

Selain itu, WIM juga mampu memantau kerusakan dalan akibat kendaraan atau vehicle demage factor (VDF).

Pengawasan dan penindakan terhadap kendaraan ODOL serta pemalsuan kendaraan angkutan barang nantinya akan dilaksanakan oleh Polisi Lalu Lintas dan PPNS Perhubungan Darat.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/02/092100615/antisipasi-truk-odol-begini-cara-kerja-teknologi-wim-di-jalan-tol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke