Salin Artikel

Turunkan Ego di Jalan, Lebih Baik Selamat daripada Celaka

JAKARTA, KOMPAS.com – Jalanan merupakan tempat umum yang diisi berbagai macam karakter pengemudi. Ketika berada di jalan, hal penting yang harus diingat adalah selamat dan aman sampai ke tujuan.

Terkadang, pengguna jalan lain memang ada saja kelakuannya. Tapi kelakuan orang lain yang agresif tidak perlu dibalas dengan perlakuan yang sama, bahkan bisa mencelakakan dirinya.

Misalnya seperti video yang diunggah akun dashcam owners Indonesia ke Instagram. Pada video tersebut terlihat pengemudi Toyota Vellfire hitam ingin pindah lajur dengan agresif, mengingat jaraknya kurang aman dengan mobil perekam.

Namun sayangnya perekam membalas manuver tersebut dengan tetap di lajurnya dan menancap gas. Beruntung tidak terjadi kecelakaan antara kedua kendaraan yang berada di jalan tol tersebut.

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, lebih baik kendaraan perekam mengalah bila menghadapi pengemudi yang agresif. Memberi jalan adalah tindakan yang paling masuk akal dan minim risiko.

“Ingat, risiko di jalan sudah banyak, tidak perlu kita tambahkan yang enggak perlu dengan tindakan yang berpotensi membahayakan,” ucap Marcell kepada Kompas.com, Kamis (30/12/2021).

Mengenai mobil perekam, jangan egois, bukan berarti berada di posisi yang benar jadi punya hak untuk tidak mau mengalah. Untuk meminimalisir risiko di jalan, tidak bisa saklek, karena yang paling penting adalah selamat sampai tujuan.

“Walau kita benar dan berhak, lebih baik menyerahkan hak kita untuk keselamatan diri kita sendiri, kendaraan, dan penumpang. Kecelakaan itu sangat merugikan,” kata Marcell.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/30/194100315/turunkan-ego-di-jalan-lebih-baik-selamat-daripada-celaka

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.