Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mitsubishi Fuso Fokus Jualan Truk Listrik Mulai 2030

JAKARTA, KOMPAS.com - Mitsubishi Fuso memutuskan untuk berhenti memasarkan mesin pembakaran internal 2030. Pada momen tersebut, perusahaan ini bakal fokus di truk dan bus bermesin listrik serta hidrogen.

Melansir Nikkei Asia, Selasa (28/12/2021), keputusan Mitsubishi Fuso menyetop penjualan mesin pembakaran internal merupakan langkah mengikuti rencana Pemerintah Jepang yang hendak mewajibkan penggunaan mesin listrik untuk seluruh truk ringan di negara tersebut mulai 2040.

Secara bertahap, Mitsubishi Fuso akan beralih ke model truk dan bus baru bertenaga baterai listrik dan fuel cell hidrogen. Sebagai langkah pertama, kapasitas produksi kendaraan niaga bertenaga listrik atau fuel cell hidrogen dibuat sebanyak 30 persen mulai 2023.

Perlahan mesin pembakaran internal bakal dikurangi produksi dan pemasarannya, hingga akhirnya benar-benar resmi dihentikan pada 2030 tersebut.

Induk perusahaan Mitsubishi Fuso, Daimler Trucks, juga sudah mengumumkan upaya peralihan ke mesin tenaga listrik secara penuh ditargetkan selesai pada 2039.

Di Indonesia, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors pernah memamerkan truk listrik dengan nama Fuso e-Canter pada 2020. Sayangnya, hingga saat ini truk listrik tersebut belum ada kabar resmi bakal dipasarkan di Tanah Air.

Seperti yang diketahui, Pemerintah Indonesia masih gencar menyosialisasikan kendaraan listrik. Adanya angkutan umum bertenaga listrik tentu jadi sebuah langkah besar.

Namun demikian Fuso e-Canter belum diputuskan akan ditawarkan kepada konsumen Indonesia atau tidak.

“Meski begitu, kami akan mengenalkan sampel dari e-Canter tahun depan, pada Januari atau Februari untuk mengetahui mengenai adaptasi kendaraan listrik sekaligus bagaimana respon konsumen di pasar Indonesia," ujar Naoya Takai, Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, dalam konferensi pers belum lama ini.

Takai menyebutkan, pihaknya bakal segera mengambil keputusan apakah hendak merilis e-Canter di Tanah Air atau tidak, paling lambat Juni 2022. Ia pun berharap pada 10 tahun ke depan pasar kendaraan listrik bisa meningkat.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/29/111200815/mitsubishi-fuso-fokus-jualan-truk-listrik-mulai-2030

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke