Salin Artikel

Toyota Fortuner Vs Pajero Sport, Mana yang Lebih Unggul?

Dari sejumlah kendaraan model SUV yang ditawarkan oleh produsen otomotif, ada dua mobil yang patut menjadi pertimbangan, yakni Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Kedua model ini sudah bersaing sejak 2009, ketika Pajero Sport mulai dipasarkan, sedangkan Fortuner sudah lebih dulu ada di pasar mulai 2005.

Sejak pertama kali diluncurkan, rivalitas kedua mobil ini memang menarik untuk disimak. Kini, model terakhir adalah Mitsubishi memperkenalkan Pajero Sport Facelift 2021 pada Februari lalu, Toyota tak mau ketinggalan meluncurkan Fortuner GR Sport pada Agustus 2021.

Baik Mitsubishi Pajero Sport maupun Toyota Fortuner sama-sama menawarkan desain SUV yang gagah dan tangguh. Keduanya tentu memiliki keunggulan masing-masing. Mulai dari desain eksterior, interior, hingga perfoma.

Secara dimensi, Mitsubishi Pajero Sport memiliki ukuran sedikit lebih besar dibanding Toyota Fortuner, yakni pajang 4.825 mm x lebar 1.814 mm, dan tinggi 1.835 mm, serta sumbu roda 2.800 mm.

Sedangkan Toyota Fortuner memiliki dimensi Panjang 4.795 mm x lebar 1.855 mm x tinggi 1.835 mm, dan jarak sumbu roda 2.745 mm.

Dibandingkan versi sebelumnya, tampang depan Pajero Sport kini dibuat lebih gahar dengan bahasa desain “Dynamic Shield”. Kini Mitsubishi tidak hanya lebih mengejar fungsionalitas, namun juga tampil dengan desain yang memikat.

Sementara itu, Fortuner GR Sport juga tampil lebih segar dibanding pendahulunya berkat gril depan yang berukuran besar, bemper dengan strip silver, serta emblem GR Sport pada bagian sampin dan belakang eksteriornya. Hal ini tentu memberikan kesan rigid, mewah dan maskulin.

Pada bagian interior, kedua mobil ini sudah dilengkapi dengan material leather bernuasa gelap yang tersebar ke berbagai sisi seperti jok, setir hingga ke shift knob.

Berbagai fitur penunjang dasar juga bisa dinikmati pada kedua mobil ini, seperti bangku elektris, head unit touchscreen, AC otomatis, konektivitas smarthphone, USB, Bluetooth, hingga telepon.

Kedua SUV ladder frame ini juga sudah dibekali fitur keselamatan yang cukup mumpuni.

Pajero sport facelift sudah dilengkapi dengan fitur keamanan seperti 7 SRS Airbag, Active Stability & Traction control (ASTC), Anti-lock Braking System, Electronic Brake Distribution, Brake Assist, dan juga sudah sematkan teknologi RISE.

Sementara itu Toyota Fortuner sudah dilengkapi dengan kamera 360 derajat yang dapat membantu mengemudi ketika parkir. Kamera ini dilengkapi dengan beberapa fitur seperti Blind Spot Detection, Lane Departure Warning, Moving Object Detection and Headway Monitoring Waarming dan wireless charging.

Adapun pada dapur pacu, Pajero Sport terbaru dibekali mesin diesel 4N15 berkapasitas 2.442 cc dengan VGT-Intercooler yang mampu merilis tenaga 181 Tk pada 3.500 rpm dan torsi 430 Nm pada 2.500 Nm, yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan.

Sedangkan Fortuner menggunakan mesin diesel berkode 2GD-FTV berkapasitas 2.393 cc turbo diesel bertenaga 149,6 ps atau setara dengan 147 Tk dan torsi 40,8 kgm atau setara dengan 400 Nm.

Namun, Toyota Fortuner juga memiliki pilihan mesin bensin. Mesin tersebut berkode 2TR-FE 2.694 cc 4 silinder yang mampu mengail tenaga-torsi 160 Tk dan torsi puncak 242 Nm.

Bicara soal harga, Mitsubishi Pajero Sport di banderol mulai Rp 532,8 juta untuk tipe Exceed 4x2 MT, sedangkan untuk tipe Dakar Ultimate 4x4 AT dibanderol dengan harga Rp 698,7 juta.

Sementara Toyota Fortuner dibanderol mulai Rp 493 juta untuk tipe G, sedangkan untuk tipe GR Sport dibanderol dengan harga Rp 554,7 juta.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/27/092200615/toyota-fortuner-vs-pajero-sport-mana-yang-lebih-unggul-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.