Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Toprak Kasih Sinyal Pindah ke MotoGP pada 2023

JAKARTA, KOMPAS.com - Toprak Razgatlioglu berhasil mematahkan dominasi Jonathan Rea dengan menjadi juara dunia World Superbike (WorldSBK). Belakangan ini, namanya santer diberitakan akan pindah ke MotoGP.

Namun, pebalap asal Turki itu sudah menepis kabar tersebut. Toprak mengatakan, dirinya masih ingin mempertahankan gelar juara dunia WorldSBK, minimal satu musim.

Bukan rahasia lagi Yamaha menginginkan Toprak di MotoGP setelah tim satelitnya membuat penawaran terhadap Toprak.

Namun, keinginan tim satelit yang dipimpin oleh Razlan Razali tersebut mengajukan penawaran terhadap Toprak pada pertengahan musim 2021.

Sementara, tujuan Toprak di musim 2021 adalah fokus untuk meraih gelar juara dunia WorldSBK. Namun, musim 2022 bisa saja mengubah pendirian Toprak.

Sebab, pebalap WorldSBK tersebut akan mengikuti sesi tes MotoGP dengan mengendarai YZR-M1. Toprak akan menemani test rider Yamaha, yakni Cal Crutchlow.

"Saya akan mencoba M1 dalam beberapa tes privat di 2022. Dalam beberapa hari ini, saya akan bersama Cal Crutchlow dan saya berharap bisa melakukan debut di MOtoGP pada 2023. Meskipun, semua konsentrasi saya sekarang ada di WorldSBK untuk musim depan," ujar Toprak, dikutip dari Crash.net, Jumat (24/12/2021).

Namun, jika Toprak masuk tim satelit Yamaha di 2023, maka antara Andrea Dovizioso atau Darryn Binder yang akan didepak. Dovi dikontrak hingga akhir 2022, begitu pula dengan Darryn.

Tekanan akan lebih berat untuk Darryn mempertahankan posisinya. Sebab, pebalap asal Afrika Selatan tersebut langsung naik dari Moto3 ke MotoGP, tanpa merasakan Moto2.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/24/160100815/toprak-kasih-sinyal-pindah-ke-motogp-pada-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke