Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Punya Mobil Listrik, Jangan Salah Pilih Ban Karena Bisa Boros Tenaga

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai mobil listrik atau hybrid memiliki banyak keuntungan. Selain hemat tenaga, mobil tersebut juga ramah lingkungan.

Untuk perawatannya, mobil listrik atau hybrid memang cukup berbeda dibandingkan mobil bermesin konvensional. Bahkan, tak banyak yang paham bahwa dalam penggantian ban pun tidak bisa dilakukan sembarangan.

On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal mengatakan, untuk mobil listrik atau hybrid sebaiknya menggunakan ban dengan profil tinggi tapi tidak terlalu lebar.

"Agar friksi atau rolling resistance-nya rendah, agar lebih sedikit tenaga yang diperlukan untuk traksi," ujar Zulpata, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Zulpata menambahkan, karena hambatan gulir yang rendah, jadi dapat lebih menghemat pemakaian tenaga listriknya.

"Untuk rasionya, bisa 65 seri ke atas, biar dapat overall diameter yang tinggi, tapi tidak lebar," kata Zulpata.

Berbeda dengan ban untuk mobil bermesin konvensional. Meskipun kontak ban ke permukaan aspal hanya sedikit, tapi cengkeraman ban tidak berkurang.

"Itulah teknologi yang sedang in (tren) di dunia ban, membuat ban dengan hambatan gulir rendah namun daya cengkeram atau grip-nya masih mumpuni," ujar Zulpata.

Zulpata menjelaskan, kemampuan ban tersebut didapat karena beberapa pabrikan memakai campuran silika di telapak bannya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/22/110200715/punya-mobil-listrik-jangan-salah-pilih-ban-karena-bisa-boros-tenaga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke