Salin Artikel

Wajib Diingat, Jangan Nyalakan Hazard Saat Hujan Deras

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat kondisi hujan terutama di jalan tol, kerap terlihat pengemudi mobil menyalakan lampu hazard. Tujuannya agar kendaraan terlihat mobl belakang karena visibilitas terbatas.

Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, mengatakan, hazard sebaiknya hanya digunakan saat kondisi darurat dan keadaan mobil berhenti atau diam bukan sedang berjalan.

"Saya tidak setuju masalah hazard, ketika hujan terjadi kendaraan akan melambat. Jadi pertahankan kecepatan yang sewajarnya, tergantung jenisnya hujan," kata Rifat dalam telekonferensi Mitsubishi, Selasa (14/12/2021).

Menyalakan hazard saat kondisi hujan kurang tepat, sebab hazard merupakan alat pemberi tahu berupa sinyal pada pengguna jalan lain ketika terjadi bahaya.

"Tapi tolong jangan gunakan hazard saat mobil berjalan. Hazard satu-satunya sinyal yang memberikan tanda bahwa mobil memang sedang berhenti," ungkapnya.

Kemudian kata Rifat, hal lain karena sistem pada kendaraan yang ada saat ini sudah memiliki fitur yang mumpuni.

"Apalagi ada DRL saat ini, survei membuktikan penggunaan DRL bisa mengurangi tingkat kecelakaan," kata Rifat.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/15/122100715/wajib-diingat-jangan-nyalakan-hazard-saat-hujan-deras

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.