Salin Artikel

Ganjil Genap di Bandung Masih Berlaku, Ini Lokasinya

BANDUNG, KOMPAS.com - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Bandung, Jawa Barat, masih menerapkan sistem ganjil genap di delapan titik akhir pekan ini.

Kanit Kamsel Satlantas Polrestabes Bandung AKP Asep Kusmana mengatakan, setalah melakukan koordinasi dan rapat satgas, pihaknya menambahkan titik baru penerapan ganjil genap di perbatasan wilayah Bandung.

“Ganjil genap saat ini sudah berlaku di setiap pintu keluar gerbang tol, dan ditambah Terminal Ledeng. Untuk PPKM level 3 ini kami menambah dua titik baru di perbatasan wilayah, yakni Bundaran Cibiru dan Cibereum,” kata Asep dilansir Kompas.com, Sabtu (11/12/2021).

Ganjil Genap di Bandung kembali diberlakukan untuk mengurai kemacetan di wilayah Bandung dan sekitarnya saat momentum liburan berlangsung.

Disamping itu, penerapan Ganjil Genap Bandung juga dinilai mampu menekan potensi lonjakan kasus Covid-19 akibat mobilitas masyarakat.

Penerapan ganjil genap di Bandung berlaku hanya pada akhir pekan, mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Namun, untuk di Ledeng, penerapan ganjil genap hanya berlaku mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

“Kalau di ganjil genap tidak kami lakukan pemeriksaan dokumen perjalanan, tetapi diperketat bagi pelat yang di luar aglomerasi Bandung Raya,” kata dia.

Bagi pengguna jalan yang tidak menaati aturan dan tidak membawa syarat perjalanan akan dilakukan putar balik.

Berikut ini 8 Ruas Jalan Ganjil Genap di Bandung:

Selain ganjil genap, nantinya Satlantas Bandung juga akan melakukan penutupan jalan di 10 titik ring 1 yang berlaku pada malam Tahun Baru 2022 mulai pukul 18.00 – 05.00 WIB. 

Adapun 10 titik penutupan di antaranya Jalan Asia Afrika, Jalan Naripan, Jalan Braga, Jalan Banceuy, Jalan Lembong (Patung Bola).

Kemudian, Jalan Merdeka (Merdeka-Riau, Merdeka-Aceh, Sumatra-Aceh, Wastukencana-Aceh), Jalan Dago (Cikago-Simpang Dago), Jalan Purnawarman, Jalan Dipatiukur, dan Jalan Alun-alun Timur.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/11/152007115/ganjil-genap-di-bandung-masih-berlaku-ini-lokasinya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.