Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Perawatan Gurah Mesin untuk Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada beberapa bengkel umum, terkadang ditemukan pilihan layanan yang disebut dengan istilah gurah mesin untuk mobil. Belum semua orang paham apa yang dimaksud dengan gurah mesin tersebut.

Pada dasarnya, gurah mesin merupakan istilah yang umum digunakan bengkel umum untuk menyebut proses pembersihan kerak karbon yang mengendap pada mobil bermesin pembakaran internal.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, menjelaskan, ada beberapa penyebab mengapa endapan kerak karbon bisa timbul yang menyebabkan performa mesin jadi turun dan bisa mengalami knocking alias mesin mengelitik.

"Kerak karbon itu biasanya muncul akibat penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan oktan yang telah direkomendasikan. Misalnya kendaraan yang harusnya menggunakan oktan 92 sering mengunakan bahan bakar dengan oktan lebih rendah," kata Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Bukan cuma bahan bakar yang tidak sesuai, penumpukan kerak karbon juga bisa diakibatkan oleh setingan pengapian yang tidak tepat.

Lantas, cara kerja gurah mesin adalah dengan memanfaatkan cairan kimia khusus dan pembersih karbon yang dimasukkan ke dalam mesin melalui saluran oli.

Cairan ini akan diputar bersama oli mesin untuk merontokkan kerak yang ada di dalam mesin. Seusainya, cairan tersebut dikuras habis sehingga kotoran ikut keluar bersamanya.

Perlu diperhatikan, saat proses menguras, pastikan cairan kimia dan kerak karbon keluar semua tidak ada yang tertinggal sehingga bagian dalam mesin sudah bebas dari endapan. Jangan sampai ada sisa cairan kimia yang tertinggal.

"Sisa cairan kimia itu takutnya tidak terbakar, sehingga nanti akan menimbulkan efek seperti water hammer karena tidak bisa terbakar dan tidak bisa dikompresi. Hal itu bisa mengakibatkan piston jadi bengkok," ujar Didi lebih lanjut.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk memilih bengkel yang terpercaya dan sudah berpengalaman dalam melakukan gurah mesin. Pemilihan cairan kimia pembersih kerak karbon juga harus berkualitas baik agar tidak merusak mesin.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/11/090200015/mengenal-perawatan-gurah-mesin-untuk-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke