Salin Artikel

Bus Trans Banyumas, Pakai Bodi Buatan New Armada

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus dengan layanan Buy The Service (BTS) kini hadir di Banyumas dengan sebutan Trans Banyumas. Saat ini, Trans Banyumas sudah melayani tiga koridor yang mulai beroperasi sejak 5 Desember 2021.

Layaknya bus BTS di kota lain, bus Trans Banyumas menggunakan bodi model medium. Bus ini dirasa lebih cocok untuk lingkup perkotaan karena dimensinya yang tidak terlalu besar sehingga mudah melakukan manuver.

Salah satu karoseri pembuat bus untuk Trans Banyumas adalah New Armada, dari Magelang, Jawa Tengah. Total 18 unit bus dengan bodi Cituoro buatan Karoseri New Armada siap melayani masyarakat Banyumas.

Lilik Prasetyawan, Business Advisor dan Sales Karoseri New Armada, mengatakan, spesifikasi medium bus Cituoro yang digunakan sebagai armada Tran Banyumas menggunakan sasis Isuzu NQR71.

“Di dalamnya ada 19 jok termasuk dua untuk prioritas. Selain itu juga sudah menggunakan pintu otomatis dan alat pembayaran non tunai di bagian depan,” ucap Prasetya kepada Kompas.com, Jumat (10/12/2021)

Untuk bagian luar, Bus Trans Banyumas ini juga dipasangkan rak sepeda di bagian depan. Bus ini dikelir merah dengan kombinasi putih dengan gambar wayang Bawor khas Banyumas di bagian samping belakang.

Seperti bus-bus perkotaan, terdapat juga dua akses masuk kabin untuk penumpang, yakni di bagian depan dan tengah. Masuk ke bagian kabin, terdapat juga berbagai sistem keamanan sebagai standar dari bus perkotaan.

“Bus sudah memakai kendali GPS yang terpusat, dipasang juga CCTV. Di bagian atas bus juga ada running text LED,” kata Prasetya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/11/082200315/bus-trans-banyumas-pakai-bodi-buatan-new-armada

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.