Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengendara Moge Cekcok dengan Sopir Truk, Ingat Pentingnya Jaga Emosi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial video rombongan pengendara motor gede (moge) yang dikawal polisi terlibat percekcokan dengan sopir truk.

Video insiden yang terjadi di Jalan Pantura, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, itu viral di media sosial setelah diunggah oleh akun Instagram @romansasopirtruck.

Kaporles Batang AKBP M Irwan Susanto mengatakan, perseteruan itu diduga karena unsur salah paham antara pengendara moge dan sopir truk.

Rombongan moge diketahui hendak menyalip truk, tetapi merasa kesulitan hingga akhirnya terjadi salah paham.

Perekam video tersebut juga ikut melontarkan kata-kata yang kurang pantas. Padahal, pengendara moge sudah meminta maaf kepada sopir truk, dan kasus sudah diselesaikan secara kekeluargaan.

“Allhamdullillah bisa diselesaikan di lokasi oleh masyarakat. Kita sebagai aparat kepolisian mengimbau bagaimana bermedia sosial yang baik dan memberikan edukasi ke masyarakat,” ucap Susanto dikutip dari Kompas.com, Rabu (24/11/2021).

Menanggapi hal ini, Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, saat berkendara di jalan raya, pengemudi motor besar dan pengguna jalan lain harus saling mengalah dan memiliki sifat berbagi untuk menghindari gesekan ini.

“Masalahnya adalah lemahnya kita dalam berempati. Coba misalkan ada empati, tidak akan kejadian seperti itu. Harus ingat bahwa jalan raya adalah ruang publik,” ucap Jusri.

Sementara itu, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani menambahkan, hal utama yang harus dijaga ketika mengendarai motor cc besar adalah emosi dan kesabaran karena biasanya pengendara moge cenderung akan memacu kecepatan tinggi.

“Dengan cc besar, kita akan lebih cenderung terpacu untuk menarik gas dan arogan saat di jalan. Maka, hal itulah yang harus diwaspadai. Sabar dan pahami tujuan berkendara bukan soal kecepatan, tapi selamat sampai tujuan,” kata Agus.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/25/074200715/pengendara-moge-cekcok-dengan-sopir-truk-ingat-pentingnya-jaga-emosi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke