Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Layanan Angkutan Umum di Jabodetabek Belum Terintegrasi

JAKARTA, KOMPAS.com – Perjalanan komuter di Jabodetabek diprediksi akan terus meningkat. Sebab, pusat kegiatan dan perekonomian mayoritas masih berada di Jakarta. Sementara masyarakat memiliki tinggal di wilayah penyangga Bodetabek.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Polana B. Pramesti, mengatakan, adanya kebutuhan perjalanan penumpang yang semakin kompleks dan perpindahan moda transportasi (antar maupun intra moda) belum terfasilitasi dengan baik dan belum sepenuhnya terintegrasi.

“Pertumbuhan tersebut mendorong berkembangnya berbagai macam jenis layanan transportasi umum di Jabodetabek,” ujar Polana, dalam keterangan tertulis (22/11/2021).

“Seperti Bus Rapid Transit (BRT), kereta api perkotaan seperti KRL, LRT, MRT, taksi, angkutan online, dan sebagainya,” kata dia.

Menurutnya, pengembangan sistem transportasi di Jabodetabek masih terkotak-kotak, yang mengakibatkan perjalanan penumpang menjadi lebih lama, kurang nyaman, dan berbiaya lebih mahal.

Sehingga, menurut Polana, dibutuhkan dukungan dan kerja sama pemerintah pusat, pemerintah daerah serta pemangku kepentingan lainnya.

"Dengan sinergi yang baik, diharapkan dapat mewujudkan layanan transportasi yang seamless dan berkelanjutan, sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat Jabodetabek,” ucap Polana.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mengatakan, Jabodetabek merupakan wilayah aglomerasi terbesar se-Asia Tenggara berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Menurutnya, dengan jumlah penduduk yang terbilang masif dengan mayoritas usia produktif, membuat kebutuhan mobilitas menjadi tinggi dan harus diakomodir melalui penyediaan layanan transportasi yang prima.

“Kami bersama para pemangku kepentingan, terus berupaya menyediakan layanan transportasi perkotaan yang andal di Jabodetabek,” ujar Budi, pada kesempatan yang sama.

“Dengan adanya kemudahan layanan transportasi publik, ketergantungan dan kepercayaan masyarakat pada angkutan umum akan meningkat, yang pada akhirnya dapat meningkatkan jumlah (share) pengguna,” tuturnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/23/162100515/layanan-angkutan-umum-di-jabodetabek-belum-terintegrasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke