Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Driver Safety Car WSBK Sebut Sirkuit Mandalika Aman dan Kencang

Rencananya kami akan menjajal safety car Hyundai i30 Fastback N dilintasan balap. Namun sayang, tim redaksi gagal mencoba mobil perfoma tinggi tersebut, lantaran kedua safety car yang tersedia harus dikerahkan mengingat jadwal balapan yang cukup padat pada hari Minggu.

Sebagai gantinya, kami hanya diberikan sedikit waktu untuk mengamati mobil dalam keadaan diam, ditemani oleh kedua pengemudi resmi safety car Hyundai i30 Fastback N.

Ditemui saat rehat antar balapan, Cristian Siso Paris, Official Safety Car Driver WSBK menilai Sirkuit Mandalika sudah memenuhi standar balapan dan sangat aman untuk digunakan. Bahkan, ia menyebut kalau Sirkuit Mandalika merupakan trek yang kencang.

“Sangat aman, karena ini adalah sirkuit yang besar, dan trek kencang,” ucap Siso saat ditemui Kompas.com di Mandalika, pekan lalu.

Hanya saja, Siso menambahkan, kondala cuaca yang terjadi saat balapan WSBK membuat dirinya harus sigap dan terus wara-wiri. Hal ini terkait keselamatan para rider.

“Di sini (Sirkuit Mandalika) sebentar-bentar hujan, lalu kering, kemudian hujan lagi. Pada balapan pertama kami berkoordinasi dengan race director, awalnya masih oke, tapi semakin ke sini hujan semakin lebat, dan kita harus memutuskan untuk menghentikan race pertama WSBK,” kata dia.

Siso melanjutkan, beberapa pebalap WSBK juga sempat mengalami kecelakaan di Sirkuit Mandalika. Namun menurutnya, kecelakaan di dunia balap merupakan hal yang wajar.

“Ada beberapa kecelakaan yang terjadi, tapi semua baik-baik saja. Tidak sampai harus menghentikan balapan. Semuanya aman,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/23/130100915/driver-safety-car-wsbk-sebut-sirkuit-mandalika-aman-dan-kencang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke