Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Produsen Ban Ini Kurangi Plastik Pembungkus

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi terciptanya lingkungan hidup yang lebih baik melalui pengurangan pemakaian plastik, PT Gajah Tunggal Tbk selaku produsen ban mengeluarkan kebijakan untuk mengeluarkan baru ban tanpa pembungkus plastik.

Langkah ini juga turut mendukung kebijakan pemerintah dalam Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 yang menetapkan target pengurangan sampah (termasuk sampah plastik yang sangat mencemari lingkungan) hingga 30 persen pada tahun 2025.

HOD Marketing PT. Gajah Tunggal Tbk Leonard Gozali menjelaskan, PT Gajah Tunggal akan mengurangi pemakaian plastik pada ban produksinya secara bertahap.

“Pengurangan pemakaian plastik diterapkan secara bertahap pada produk ban motor IRC dan Zeneos mulai November 2021. Meskipun tidak lagi memakai pembungkus plastik, kualitas dan performa produk tidak akan berubah karena PT Gajah Tunggal Tbk selalu memberikan produk dan pelayanan terbaik kepada konsumen di seluruh dunia," kata Leonard dalam keterangan resmi, Sabtu (20/11/2021).

Kebijakan ini sebelumnya telah diterapkan pada produk ban mobil GT Radial yang tidak lagi menggunakan pembungkus plastik.

Perusahaan tersebut juga telah menerapkan beberapa inisiatif dengan mengoptimalkan peran Research and Development untuk menghasilkan produk ramah lingkungan seperti IRC Ecotrax dan ban mobil GT Radial Champiro Ecotec.

Produk tersebut mampu menghemat bahan bakar dan bertujuan menciptakan masa depan berkelanjutan dengan memperhatikan tiga faktor sentral yaitu Lingkungan, Sosial, dan Tatakelola, dikenal dengan Environmental, Social, and Governance (ESG).

Selain itu, Gajah Tunggal juga melakukan penghijauan kawasan pabrik dan mengolah limbah untuk memastikan tidak terjadinya pencemaran lingkungan.

Hal ini merupakan komitmen mewujudkan ekosistem bisnis yang peduli kelangsungan lingkungan hidup demi masa depan yang lebih baik sebagaimana slogan Better Business, Better World.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/20/125345915/produsen-ban-ini-kurangi-plastik-pembungkus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke