Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Adu Desain All New Avanza dan Xpander Facelift, Pilih Mana?

JAKARTA, KOMPAS.com - Persaingan segmen MPV murah kembali memanas usai beberapa pemainnya resmi meluncurkan model terbaru. Dari Mitsubishi Xpander facelift, Toyota All New Avanza dan Veloz, Daihatsu All New Xenia, sampai Suzuki Ertiga Sport FF.

Namun, dari deretan MPV murah di atas, paling menarik dan banyak jadi pembahasan adalah rivalitas dari Toyota All New Avanza dan Xpander facelift. Apalagi kini keduanya sama-sama menawarkan sajian baru bagi konsumen di Tanah Air.

Lalu dengan banyaknya perubahan yang dihadirkan, siapa sebenarnya MPV murah yang paling pantas untuk dipilih? Nah, sebagai bahan pertimbangan, redaksi coba bandingkan sekilas yang di mulai dari sisi desain lebih dulu.

Bicara soal desain, antara Avanza dan Xpander cukup jauh dari segi rombakan yang dilakukan. Hal tersebut lantaran Mitsubishi hanya sekadar melakukan Model Major Change (MMC) atau lebih dikenal facelift.

Sementara Toyota, menghadirkan rombakan total pada Avanza untuk membawa generasi ketiga dari MPV murahnya tak sekedar punya tampilan yang fresh tapi juga naik kelas.

Bisa dipastikan tak ada lagi bekas-bekas tampilan dari model lawas, semuanya benar-benar fresh. Toyota merepresentasikan era baru mobilitas, namun tetap menunjukkan visual yang kuat dari MPV keluarga.

Kesan kokoh tercipta dari desain bumper depan yang bold,headlamp LED yang tajam dan panel chrome yang semuanya didesain untuk mempertegas kesan elegan dan aktif dari All New Avanza.

Secara dimensi, panjang, lebar, dan tingginya juga berubah berkat penggunaan platform DNGA. Namun demikian, siluet bodinya tetap terlihat ramping. Penerapan pelek 16 inci two tone dengan tema tiga dimensi disuguhkan untuk menonjolkan kesan premium.

Untuk sektor belakang, juga demikian, selain tampilan segar yang dibuat dengan compact, adanya New Fascinating LED Rear Combination with Backdoor Lamp membuat Avanza baru terlihat lebih dinamis.

Sementara Xpander, meski hanya menganti seluruh kemasan depan dan tetap mengusung desain yang serupa baik dari sisi sampai buritan. Tapi harus diakui kini jauh lebih menarik dari versi sebelumnya.

Kesan futuristik cukup kental yang membuat bahasa desain dynamic shield-nya lebih menonjol. Apalagi struktur desain lampu utama juga berubah dengan menggunakan lampu LED baru yang disebut T-Shape.


Secara keseluruhan, pembaruan pada Mitsubishi Xpander menyangkut New Front Bumper Design, New Rear Design, New T-Shape LED Tail Light, Side Sill Garnish, Electric Switch Tail Gate Door Handle, dan penyematan pelek 17 inci dengan balutan Two Tone yang membuat kaki-kakinya makin padat.

Kesimpulan soal desain, dari sisi rubahan sebenarnya Xpander tak bisa menyandingi rombakan total yang disajikan Toyota pada generasi baru Avanza. Kemasan desainnya juga sama-sama modern dan futuristik, tapi soal selera tinggal tergantung konsumen karena pastinya memiliki taste yang berbeda-beda.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/16/133100715/adu-desain-all-new-avanza-dan-xpander-facelift-pilih-mana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke