Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Koneksi Sinyal Buruk Pengunjung GIIAS 2021 Sulit Scan Barcode

TANGERANG, KOMPAS.com - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 menerapkan protokol kesehatan ketat. Sejumlah aturan diterapkan sebelum pengunjung dapat masuk ke lokasi di ICE, BSD City, Tangerang.

Untuk masuk ke pameran, pengunjung diwajibkan sudah menerima vaksin 2 kali dosis atau dosis penuh. Kemudian terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi dengan indikator berwarna hijau.

Suhu badan maksimal pengunjung yang dibolehkan masuk pameran adalah 37,3 derajat celcius. Kemudian harus menggunakan masker medis, menggunakan hand sanitizer, dan selalu menjaga jarak.

Tapi hal itu tak selamanya berlaku, tetap ada pengecualian dikarenakan kondisi yang tidak ideal, salah satunya yaitu sinyal jelek.

Untuk diketahui pameran GIIAS, di ICE BSD, terkenal tak ramah sinyal, setidaknya untuk provider tertentu. Seperti yang Kompas.com rasakan.

Usai parkir di Hall 2 basement kemudian ingin masuk dari pintu tengah, tidak ada sinyal karena parkiran berada di bawah tanah. Sangat sulit untuk membuka aplikasi PeduliLindungi karena harus scan barcode.

Karena tidak dapat sinyal akhirnya dibolehkan sama petugas pakai cara lain. Kompas.com hanya diminta untuk menunjukkan sertifikat vaksin, kemudian dicocokkan dengan nomor KTP.

"Sinyal ya mas. Ada sertifikat vaksinnya? gapapa nanti saya cocokan dengan KTP," kata petugas tersebut, di hari keempat pembukaan pameran GIIAS 2021, pada Minggu (14/11/2021).

Saat itu Kompas.com sampai lokasi sekitar pukul 11.30 WIB. Saat itu belum terlalu ramai karena pada akhir pekan pameran baru buka pukul 11.00 WIB. Namun setelah itu protokol kesehatannya tetap sama.

Redaksi kemudian melakukan percobaan kedua pada pukul 15.20 WIB. Keluar dari gedung dan mencoba masuk lagi dari pintu utama di selasar tengah. Keadaannya sama seperti sebelumnya, yaitu tidak ada sinyal.

Namun sedikit berbeda dengan petugas yang berada di basement, kali ini redaksi masuk setelah berbagi koneksi internet atau tethering dengan ponsel petugas supaya bisa melakukan scan barcode PeduliLindungi.

"Mas kartunya (menyebutkan salah satu merek)," ucap petugas itu menebak dan benar. "Memang yang pakai itu semua susah (sinyal)," katanya.

Untuk diketahui GIIAS 2021 tidak menjual tiket on the spot atau di lokasi acara. Seluruh pembelian tiket harus melalui aplikasi GIIAS AUTO360 atau melalui situs GIIAS.

Hal itu disebut guna mengatur lebih mudah waktu kunjungan sekaligus menekan kerumunan di titik-titik tertentu.

Harga tiket masuk GIIAS 2021 pada hari biasa Senin-Jumat ialah Rp 50.000. Sedangkan di akhir pekan atau Sabtu-Minggu menjadi Rp 100.000.

Perbedaan harga yang cukup jauh antara weekdays dan weekend bertujuan agar pengunjung yang datang bisa merata. Sehingga tidak membludak pada Sabtu dan Minggu saja.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/14/175100415/koneksi-sinyal-buruk-pengunjung-giias-2021-sulit-scan-barcode

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke