Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui Beda Warna Rambu Petunjuk Lalu Lintas agar Tidak Salah Jalan

JAKARTA, KOMPAS.com - Rambu lalu lintas merupakan salah satu perlengkapan jalan dalam bentuk lambang, huruf, angka, kalimat, dan atau perpaduan dari empat bentuk tersebut, memiliki fungsi sebagai peringatan larangan, perintah, atau petunjuk bagi pengguna jalan.

Berdasarkan fungsinya, rambu lalu lintas dibedakan menjadi empat. Rambu lalu lintas dapat memiliki fungsi peringatan, larangan, perintah, serta petunjuk bagi pengguna jalan.

Secara warna dasar, ternyata rambu lalu lintas juga memiliki pengertian lain. Saat mengemudi di jalan tol ataupun non-tol, kerap ditemukan rambu penunjuk arah yang memiliki warna dasar berbeda, seperti warna hijau, biru, dan coklat.

Contohnya ketika akan mendekati gerbang tol, terdapat rambu petunjuk yang memberikan informasi nama daerah dengan tulisan warna putih dan warna dasar hijau atau biru.

Pengemudi wajib mengetahui makna perbedaan warna dasar dari rambu penunjuk tersebut. Jangan sampai salah mengartikan rambu penunjuk yang berbeda warna pada satu lokasi.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 13 tahun 2014 tentang Rambu Lalu Lintas, tepatnya Bagian Kelima tentang Rambu Petunjuk, terdapat perbedaan fungsi antara rambu-rambu petunjuk warna hijau, biru, dan coklat.

Berikut beda makna warna rambu yang harus diketahui oleh pengguna jalan agar tidak salah informasi.

Rambu petunjuk dengan warna dasar hijau.

Rambu warna hijau bermakna petunjuk informasi suatu kota atau wilayah. Rambu ini dipasang sebelum kota atau wilayah yang tertulis. Pengemudi masih bisa memilih hendak memasuki kota tersebut untuk dijadikan rute perjalanan atau tidak sama sekali.

Rambu petunjuk dengan warna dasar biru

Rambu petunjuk dengan warna dasar biru bermakna perintah. Sebagai contoh, terdapat rambu jenis ini dengan tulisan ‘Bandung’. Artinya, jalur yang dipilih akan langsung mengarah ke Bandung, tidak ada opsi lainnya.

Rambu petunjuk dengan warna dasar coklat

Rambu petunjuk dengan warna dasar coklat bermakna hampir sama seperti rambu petunjuk warna hijau. Bedanya, rambu warna coklat umumnya digunakan sebagai petunjuk suatu tempat wisata.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/05/151200915/ketahui-beda-warna-rambu-petunjuk-lalu-lintas-agar-tidak-salah-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke