Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini yang Membuat Pengguna Jalan di Indonesia Enggak Tertib Aturan

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengguna jalan di Indonesia, baik pengendara motor atau mobil, ada saja kelakuannya. Misalnya tidak bisa antre saat macet, menerobos lampu merah, tidak memakai helm, dan masih banyak lagi.

Memang mereka yang melanggar tadi punya uang untuk bisa membeli kendaraan, punya skill juga untuk mengendarainya. Sayangnya, masih ada saja yang tidak menaati aturan, padahal aturan dibuat demi keselamatan dirinya juga.

Founder and Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan, kurangnya pemahaman soal aturan yang ada membuat pengguna jalan hanya tertib saat ada Polisi yang mengawasi di jalan.

“Berbeda dengan di negara lain, mereka diberikan pelatihan tentang aturan yang dibuat. Jadi mereka mengerti kalau aturan dibuat bukan sekadar untuk mengatur, tapi ada kepentingan bersama jika tertib aturan,” Kata Jusri kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sebenarnya masyarakat tahu ada aturan di jalan raya, tapi mereka tidak paham apa maksud dari dibuatnya aturan tersebut, jadi kurang paham. Jadi yang ada saat ini, mereka hanya tertib kalau diawasi, bukan karena ingin menaati aturan.

“Jalan raya adalah ruang publik dengan segala komponennya yang sangat beragam. Semua karakter dari manusia ada di jalan raya. Kalau tidak tertib akan mudah terjadi konflik seperti tabrakan,” ucap Jusri.

Jusri juga menambahkan, pengguna jalan yang tidak tertib sebenarnya tidak berpikir kalau mereka itu rentan. Padahal kecelakaan sangat mudah terjadi di jalan raya yang dipenuhi penggunanya yang tidak tertib.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/04/193100015/ini-yang-membuat-pengguna-jalan-di-indonesia-enggak-tertib-aturan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke