Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mulai Musim Hujan, Pahami Pentingnya Fungsi Talang Air Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Door visor atau yang kerap disebut talang air merupakan aksesori yang digunakan oleh pemilik mobil. Biasanya, alat ini dipasang pada bagian atas jendela dengan cara direkatkan pada lis jendela pintu atau dengan memasang bracket.

Selain membuat tampilan mobil lebih menarik, talang air pada mobil ternyata memiliki fungsi penting terutama saat musim hujan. Namun, tidak semua pemilik kendaraan paham akan fungsi dari aksesori tersebut.

Dealer Technical Support Dept. Head PT. Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, talang air mampu mencegah air masuk ke dalam kabin. Sehingga, berbagai tombol elektrik seperti panel yang menempel pada door trim terjaga tidak mengalami korsleting.

“Selain itu, talang air memiliki fungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari guyuran air saat hujan saat membuka jendela mobil. Jadi, air dari atap dibuang ke depan dan ke belakang supaya tidak menguyur kaca bagian samping,” ujar Didi saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Untuk menambah kenyamanan dalam berkendara, talang air juga memiliki fungsi meredam suara dari bising jalanan. Sebab, aksesori ini bisa mengarahkan aliran udara pada mesin ketika bergerak.

Namun, Didi mengingatkan, ada hal yang perlu diingat sebelum memasang talang air. Pemasangan sebaiknya dilakukan oleh ahlinya atau yang berpengalaman.

“Walau terkesan sederhana, jika salah akan merusak fungsi dan lain-lainnya. Apalagi di bagian luar yang terkena suhu panas maupun dingin secara langsung,” kata Didi.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/04/091200915/mulai-musim-hujan-pahami-pentingnya-fungsi-talang-air-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke