Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bima Arya Pamer Bus Trans Pakuan Baru di Karoseri Laksana

BOGOR, KOMPAS.com – Walikota Bogor Bima Arya belum lama ini berkunjung ke karoseri Laksana di Ungaran. Kunjungannya kali ini untuk melihat bus baru yang bakal mengaspal di Kota Bogor.

Dalam unggahannya di Instagram, Bima menjelaskan kalau bus bertajuk Bis Kita Trans Pakuan ini bakal menggantikan 147 angkot. Setidaknya akan hadir 49 bus berukuran medium berbodi Nucleus 5 yang nantinya hadir di Kota Bogor.

”Bis Trans Pakuan bakal menggantikan angkot-angkot di Kota Bogor, 3 angkot jadi satu bus. Pengemudi angkot jadi pengemudi bus, yang tidak jadi pengemudi bus akan dilatih jadi mekanik,” ucapnya dikutip dari akun bimaaryasugiarto di Instagram, Sabtu (30/10/2021).

Bis Kita Trans Pakuan ini juga merupakan bentuk kerja sama Pemerintah Kota Bogor (Pemkot Bogor) dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). Bus ini juga nantinya menggunakan skema Buy The Service (BTS) yang sebelumnya sudah hadir diberbagai kota seperti Surakarta dan Yogyakarta.

Melalui akun resmi Pemkot Bogor, bus ini dijadwalkan beroperasi pada 2 November 2021 dengan melayani koridor 5. Koridor tersebut melintasi rute Ciparigi, Warung Jambu, Ahmad Yani, Air Mancur, Fly Over Martadinata, Merdeka, Jembatan Merah dan Stasiun Bogor.

Kemudian dari Stasiun Bogor, kembali lagi menuju Ciparigi melalui Jalan Juanda, Sudirman, Pemuda, Warung Jambu, Sholeh Iskandar, Talang, Simpang Pomad.

Untuk bagian eksterior, bodi Nucleus 5 ini bisa dibilang bodi bus medium paling baru dari Laksana. Jadi soal desain, baik bagian depan, samping, belakang, bahkan atapnya sepenuhnya baru. Di bagian depan juga terlihat adanya penambahan rak sepeda.

Untuk livery-nya juga cukup sederhana, hanya ada tulisan Bis Kita di bagian lambung serta desain Batik Bogor di bagian samping-belakang. Masuk ke bagian kabin, tersedia 20 tempat duduk dan 15 orang berdiri, jadi ditotal bisa mengangkut 35 orang.

Soal kabinnya, jangan khawatir kepanasan karena sudah memakai AC dan dilengkapi CCTV untuk keamanan penumpang. Tidak lupa tersedia juga APAR dan pintu emergency yang ada di sisi kanan bus.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/30/140200915/bima-arya-pamer-bus-trans-pakuan-baru-di-karoseri-laksana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke