Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fungsi Door Visor Alias Talang Air pada Pintu Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Apabila mencermati eksterior mobil, ada beberapa aksesoris yang tertempel. Salah satunya adalah door visor alias talang air yang menempel pada pintu mobil.

Door visor memiliki fungsi penting bagi mobil, khususnya saat sudah memasuki musim penghujan. Sayangnya tidak semua pemilik memahami kegunaan komponen ini sehingga kerap abai.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. PT TAM, menjelaskan bahwa door visor tidak hanya menjadi aksesoris penunjang tampilan, tapi juga berguna mengurangi risiko korsleting saat mobil melaju di tengah cuaca hujan.

Sebab, door visor mampu mencegah air masuk ke kabin mobil. Berkat itu, beragam tombol elektrik seperti panel yang menempel pada door trim bisa terjaga dengan baik.

“Selain itu talang air memiliki fungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari guyuran air saat hujan saat membuka jendela mobil," ujar Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

"Jadi, air dari atap dibuang kedepan dan kebelakang supaya tidak menguyur kaca bagian samping,” katanya melanjutkan.

Senada, Indah Yuliana, Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang turut menjelaskan bahwa talang air ini juga bisa meredam suara bising dari jalanan melalui pemecahan aliran udara saat mobil bergerak.

“Walau terkesan sederhana, jika salah akan merusak fungsi dan lain-lainnya. Apalagi di bagian luar yang terkena suhu panas maupun dingin secara langsung,” kata Indah.

Apabila door visor sudah rusak, maka harus segera diganti. Apalagi musim penghujan telah melanda sejumlah daerah. Untuk harganya, komponen ini rata-rata dibanderol mulai Rp 250.000 hingga jutaan rupiah.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/22/122200415/fungsi-door-visor-alias-talang-air-pada-pintu-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke