Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Punya Motor 2 Tak, Jangan Lupa Perawatan Knalpot

JAKARTA, KOMPAS.com - Era sepeda motor 2-tak sudah habis dan sudah digantikan dengan motor 4-tak. Saat ini banyak pabrikan motor yang sudah tidak memproduksi mesin motor yang dianggap biang polutan tersebut.

Meski pabrikannya sudah tidak memproduksi, motor 2-tak kini menjelma jadi motor hobi. Motor jenis ini digemari karena semakin langka dan menawarkan performa berkendara yang responsif.

Bagi anda yang meimiliki motor 2-tak, perlu diperhatikan juga perawatannya. Hal ini, selain untuk menjaga kondisi kendaraan tetap prima saat digunakan, juga untuk menjaga komponen agar lebih awet.

Bagian motor 2-tak yang perlu mendapatkan perhatian lebih untuk perawatan yakni bagian knalpot. Saluran pembuangan sisa pembakaran pada mesin ini ternyata mempunyai andil yang cukup besar dalam menjaga motor agar tetap bertenaga.

Fachrul Reza, Senior Instructor Astra Motor Training Center Semarang mengatakan, knalpot motor dua tak dengan empat tak memiliki banyak perbedaan. Mulai bentuknya hingga peruntukannya dalam mendukung kinerja mesin saat digunakan.

“Knalpot dua tak akan banyak oli dan kerak-kerak, oli ini dari hasil pembakaran bahan bakar sehingga butuh perawatan yang ekstra,” kata Fachrul kepada Kompas.com belum lama ini.

Oleh karena itu, pemilik kendaraan harus rajin untuk membersihkan kerak-kerak yang ada didalamnya. Sebab jika kerak-kerak tersebut tidak dibersihkan secara berkala bisa mengganggu pembuangan.

“Kalau tidak dibersihkan akan menyumbat sehingga tenaga kendaraan akan berkurang,” katanya.

Tidak hanya mempengaruhi performa mesin saja, Fachrul menambahkan, kerak yang sudah menumpuk juga akan membuat mesin susah menyala saat pertama kali distarter.

“Saat pertama kali distarter mesin juga akan susah menyala, kemudian konsumsi BBM juga akan lebih boros,” tuturnya.

Sebaiknya kerak yang ada di knalpot harus dibersihkan agar nantinya tidak timbul masalah pada motor kesayangannya.

“Kerak-kerak di knalpot 2 tak itu ibarat lemak di tubuh kita, kalau tidak dibersihkan lama-lama menggunung, membuat tubuh melar, berat, susah bergerak, dan lainnya,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/17/124100015/punya-motor-2-tak-jangan-lupa-perawatan-knalpot

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke