Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mandalika Punya Karakter Trek Flowing, Memicu Aksi Susul-menyusul

MANDALIKA, KOMPAS.com – Sirkuit jalanan Mandalika bisa dibilang hampir rampung. Untuk bagian trek, pengaspalan sudah selesai, tinggal menunggu pengecetan saja. Begitu juga fasilitas lain seperti medical center dan pit building modular yang segera dibangun.

Sirkuit Mandalika punya panjang trek 4,31 km dengan total 17 tikungan, 11 ke kanan dan enam ke kiri. Dalam waktu dekat, Sirkuit Mandalika akan menggelar tiga event balap internasional, ada Asia Talent Cup dan World Superbike di November 2021 dan MotoGP di Maret 2022.

Dyan Dilato, Head Operations – Sporting Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengatakan, Sirkuit Mandalika punya karakter trek yang cepat, alias flowing. Dyan mengatakan, salah satu trek yang favorit pebalap dunia adalah Phillip Island di Australia yang juga berkarakter flowing.

“Mandalika hampir beda tipis dengan Phillip Island yang karakternya trek flowing. Kenapa harus flowing track, karena jadi lebih menghibur dan pebalap punya kesempatan susul-menyusul di tikungan lebih banyak,” ucap Dyan di Mandalika, Rabu (13/10/2021).

Kepada rekan media yang mendatangi Sirkuit Mandalika, Dyan menjelaskan, berbagai titik tikungan. Misalnya seperti dari gigi berapa bisa melewati tikungan tersebut, dan titik hard braking yang harus dilakukan pebalap nantinya.

“Secara keseluruhan, hanya ada tiga titik pebalap rem dalam (hard braking) di turn 1, 10, dan 16. Selebihnya enggak ada hard braking, jadi kaki pebalap menjepit tangki ketika melewati tikungan, kaki enggak turun,” kata Dyan.

Dyan juga menjelaskan titik tercepat di Sirkuit Mandalika berada di lurusan sebelum tikungan 10. Hal ini dikarenakan lima tikungan sebelumnya punya karakter flowing, sehingga masuk ke tikungan 10, pebalap harus lakukan hard braking.

“Speed trap di sini bisa dalam kecepatan 320 kpj sampai 330 kpj. Kalau dibandingkan dengan di Qatar, bisa 355 kpj sampai 360 kpj,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/16/082200615/mandalika-punya-karakter-trek-flowing-memicu-aksi-susul-menyusul

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke