Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Abai, Begini Cara Merawat Fitur TCS pada All New Nmax 155

JAKARTA, KOMPAS.com - Skuter matik (skutik) Yamaha All New Nmax 155 sudah dibekali dengan fitur canggih, yakni Traction Control System (TCS) atau kontrol traksi. Agar tetap bekerja secara optimal, fitur ini juga memerlukan perawatan.

TCS memiliki fungsi yang cukup penting sebagai fitur keselamatan berkendara. Fitur ini dapat mencegah ban belakang kehilangan traksi (selip) saat motor sedang berakselerasi di permukaan jalan yang licin, seperti jalan berpasir atau yang basah akibat guyuran hujan.

Untuk itu, penggunanya perlu merawat dan mengecek fungsi TCS secara rutin. Pastikan fitur tersebut dapat bekerja secara optimal dan selalu siap untuk digunakan.

Dalam keterangan resmi Yamaha, Selasa (12/10/2021), TCS memanfaatkan perangkat speed sensor yang terletak di bagian roda depan dan belakang (dekat dengan kaliper rem).

Maka, pemilik motor harus rajin membersihkan area kaki-kaki motor dari debu dan kotoran yang menempel. Setelah itu, berkendara secara hati-hati dan hindari benturan yang dapat merusak perangkat speed sensor.

Sementara itu, untuk mengetahui apakah TCS berfungsi dengan baik, ada beberapa indikasi yang bisa menjadi acuan.

Pertama, cek lampu indikator. Jika lampu indikator TCS di layar speedometer terus menyala, maka ada kemungkinan perangkat TCS pada motor mengalami malfungsi.

Indikasi pengecekan yang kedua adalah dengan cara mengaktifkan fitur TCS. Kemudian, posisikan motor dengan standar tengah (main stand), lalu mainkan putaran gas.

Jika TCS berfungsi normal, saat pemilik motor memainkan putaran gas maka putaran roda belakang akan tersendat. Tapi, jika TCS mengalami malfungsi, maka putaran roda belakang tidak akan tersendat saat gas dimainkan.

Jika fitur TCS pada motor mengalami malfungsi dengan beberapa indikasi seperti yang disebutkan, maka sebaiknya pemilik motor segara membawa motornya ke bengkel resmi Yamaha terdekat untuk mendapat pengecekan lebih lanjut.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/13/160100815/jangan-abai-begini-cara-merawat-fitur-tcs-pada-all-new-nmax-155

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke