Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sekali Isi Bahan Bakar, Toyota Mirai Sanggup Melaju 1.300 Km

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota Mirai memecahkan Guinness World Records untuk kendaraan fuel cell yang bisa menempuh jarak terjauh tanpa pengisian bahan bakar.

Dalam keterangan resmi Toyota yang dilansir Senin (11/10/2021), dalam sekali pengisian tangki hidrogen sampai penuh, Mirai bisa dikendarai sejauh 845 mil atau setara 1.359 km.

Pada laporan itu disebutkan bahwa Mirai dikemudikan saat lalu lintas jam sibuk, pada 23 dan 24 Agustus 2021, yang mencakup 473 mil pada hari pertama dan 372 mil pada hari kedua.

"Perjalanan Toyota Mirai tanpa melakukan pengisian ulang menunjukkan kemampuan teknologi mobil listrik fuel cell. Teknologi ini dan kecerdasan desain oleh tim Toyota membawanya menuju momen pencetakan sejarah," ucap Michael Empric, juri Guinness World Records.

Menariknya tim yang mengetes menggunakan teknik hypermiling, yakni dengan mematikan sejumlah aksesori dan menggembungkan ban secara berlebihan untuk memaksimalkan jangkauan.

Memang, pola mengemudi yang dilakukan jauh dari kebiasaan umum dan tidak semuanya bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun harus diakui hal tersebut telah membuat capaian baru dalam dunia otomotif.

"Kami bangga menjadi pemimpin pada teknologi yang menarik ini yang juga merupakan salah satu line-up kendaraan nol emisi pada portfolio kami," kata Bob Carter, Executive Vice President Toyota Motor North America.

Untuk mewujudkan rekor ini, Toyota mempercayakan kemudi Mirai pada Wayne Gerdes, pengemudi eco-driving yang berhasil memecahkan rekor konsumsi bahan bakar terendah versi Guinness, dan Bob Winger.

Perjalanan rekor baru Mirai dimulai dari Toyota Technical Center (TTC) di Gardena, California pada 23 Agustus 2021 dengan tangki hidrogen penuh dan disegel.

Gerdes dan Winger mengajak Toyota Mirai keliling California Selatan dan mencetak 761 kilometer sebelum kembali ke TTC.

Keesokan harinya, Gerdes dan Winger berkeliling melalui kemacetan di jalan tol San Diego antara Los Angeles dan Orange County sampai hidrogen habis. Saat kembali ke TTC, tangki dicek oleh juri dari Guinness World Records dan rekorpun dicatat.

Pada perjalanan ini, Toyota Mirai mengonsumsi sebanyak 5,65 kilogram hidrogen dengan konsumsi energi sebesar 152 mil per galon ekuivalen (MPGe).

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/11/141207215/sekali-isi-bahan-bakar-toyota-mirai-sanggup-melaju-1300-km

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke