Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Motor Listrik Bergaya Klasik Terinspirasi Yamaha RX100

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian orang beranggapan motor listrik akan memiliki gaya yang futuristik. Namun, sebagian orang justru berpikir untuk membuat motor listrik dengan gaya klasik.

Gaya retro atau klasik memang tidak lekang oleh waktu. Hal itu yang membuat pabrikan motor listrik asal Swedia, RGNT Motorcycles, membuat RGNT No. 1 Classic.

Dikutip dari Rushlane.com, Minggu (10/10/2021), RGNT mengusung gaya klasik layaknya motor di era abad 20-an, tapi dengan sentuhan modern dan tentunya mesin yang ramah lingkungan. Sekilas, desainnya mirip dengan Yamaha RX100.

Sentuhan klasiknya dapat terlihat dari lampu depan berbentuk bulat, tangki model teardrop, jok bergaya klasik, dan pelek jari-jari. Tangkinya tentu bukan berfungsi untuk menampung bahan bakar, melainkan sebagai tempat penyimpanan atau bagasi.

Namun, RGNT menyematkan unsur-unsur modern, seperti panel instrumen full digital dengan layar berukuran 7 inci. Motor ini juga memiliki fitur navigasi berdasarkan GPS. Sistem pencahayaannya juga sudah sepenuhnya LED.

Untuk spesifikasinya, motor listrik buatan RGNT ini dibekali dengan motor bertenaga hingga 11 kW atau setara dengan 14,7 tk. Kecepatan maksimumnya dapat tembus 125 km/jam.

Motor yang digunakan juga mampu mengurangi panas hingga 30 persen, sehingga motornya bisa berjalan lebih efisien dan membuat konsumsi baterai lebih irit.

Baterainya berkapasitas 7.7 kWh dan sudah menggunakan lithium-ion. Dengan begitu, daya tempuhnya diklaim dapat mencapai 110 km jika melaju di jalan bebas hambatan dan 160 km saat melaju di perkotaan.

Soal suspensi, bagian depan mengandalkan model teleskopik dan belakang pakai suspensi ganda. Sementara sistem pengereman, dibekali dengan kaliper J.Juan dan sudah mengadopsi fitur Combined Brake System (CBS).

Selain bergaya klasik seperti Yamaha RX100, RGNT juga menawarkan model lain, yakni scrambler. Banderolnya luar biasa tinggi, satu unitnya dihargai 12.495 euro atau setara Rp 200 jutaan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/11/112200015/motor-listrik-bergaya-klasik-terinspirasi-yamaha-rx100

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke